• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE SISWA KELAS V SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nouron Nazilah - 130210204085_1.pdf (4.880Mb)
    Date
    2017-10-03
    Author
    Nazilah, Nouron
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa melalui pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung berupa pengamatan atau percobaan. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di SDN Tegalgede 01 Jember masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Siswa hanya menerima ilmu melalui penjelasan yang diberikan oleh guru. Selain itu kegiatan pembelajaran juga kurang mengembangkan kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kegiatan pembelajaran menjadi pasif karena guru kurang memberikan kegiatan untuk bertanya jawab maupun kegiatan untuk memunculkan gagasan siswa. Hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA pokok bahasan sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember. Model pembelajaran CLIS merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk memunculkan gagasan siswa mengenai suatu permasalahan serta merekonstruksi gagasan tersebut melalui pengamatan atau percobaan Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus, masingmasing siklus terdapat empat tahap yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data mengenai kemampuan berpikir kreatif siswa, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 52,47 dengan kriteria rendah dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II mencapai 66,67 dengan kriteria sedang. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,2. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 61 dengan kriteria cukup dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II sebesar 80,86 dengan kriteria baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19,86. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Saran dalam peneitian ini yaitu model pembelajaran CLIS dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran agar siswa menjadi aktif dalam pembelajaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81928
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository