PERILAKU PASAR DAN KERAGAAN PEMASARAN PADA KOMODITAS KEDELAI DI KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Kedelai  merupakan  salah  satu  komoditas  unggulan  dalam  subsektor 
tanaman  pangan,  dimana  komoditas  ini  memegang  peranan  penting  dalam 
ekonomi  rumah  tangga  petani,  konsumsi  pangan,  kebutuhan  dan  perdagangan 
pangan  nasional.  Pada  proses  pemasaran  kedelai  yang  terjadi  di  Kecamatan 
Bangsalsari Kabupaten Jember, terdapat perilaku pasar dan beberapa pola saluran 
pemasaran  yang  melibatkan  beberapa  lembaga  pemasaran.  Setiap  lembaga 
pemasaran  yang  terlibat  akan  melakukan  beberapa  fungsi  pemasaran,  sehingga 
mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi 
saluran  pemasaran.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  (1)  perilaku  pasar 
komoditas  kedelai  di  Kecamatan  Bangsalsari  Kabupaten  Jember  dengan 
menggunakan  pendekatan  secara  vertikal  dan  horisontal,  dan  (2)  keragaan 
pemasaran  komoditas  kedelai  dengan  melihat  dari  aspek  efisiensi  pemasaran, 
marjin pemasaran, distribusi marjin, dan nilai market share. Data yang digunakan 
adalah data primer yang diambil pada tahun 2009. Pengambilan contoh responden 
untuk petani digunakan purposive methode, sedangkan pengambilan contoh untuk 
lembaga  pemasaran  menggunakan  metode  Snow  Ball  Sampling.  Pendekatan 
deskriptif menjelaskan mengenai perilaku pasar komoditas kedelai. Nilai efisiensi 
pemasaran  diketahui  dengan  menggunakan  analisis  efisiensi  pemasaran  dan 
margin  pemasaran.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  di  Kecamatan 
Bangsalsari  Kabupaten  Jember  terdapat  2  jenis  saluran  pemasaran  kedelai  yang 
terjadi di Kabupaten Jember. Berdasarkan nilai share margin, semua jenis saluran 
pemasaran kedelai di tiap desa adalah efisien.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4533]
