ANALISIS BIAYA, PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI OVEN “BURIYAH” CV. LISA JAYA MANDIRI DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Agroindustri kopi oven “Buriyah” merupakan agroindustri yang mengolah
biji kopi (OSE) menjadi kopi oven. Usaha untuk meningkatkan pendapatan usaha
agroindustri adalah dengan menekan biaya produksi seminimal mungkin dan
memilih saluran pemasaran kopi oven “Buriyah CV. Lisa Jaya Mandiri di
Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi biaya
produksi, pendapatan, saluran pemasaran dan efisiensi saluran pemasaran kopi
oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri di Kabupaten Jember.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Pusposive
Methode), yaitu di agroindustri kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri di
Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif dan korelasional. Metode pengambilan contoh yang digunakan
untuk mengetahui saluran pemasaran kopi oven “Buriyah” adalah metode Snow
Ball Rolling. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Analisis yang
digunakan dalam penelitian adalah R/C rasio, Pendapatan, Deskriptif dan Efisiensi
Pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efisiensi biaya produksi pada
agroindustri kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri adalah 1,10 yang berarti
penggunaan biaya pada agroindustri kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri
adalah efisien; (2) pendapatan agroindustri kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya
Mandiri adalah sebesar Rp 35.570.289,- yang berarti agroindustri kopi oven
“Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri adalah menguntungkan; (3) terdapat 2 saluran
pemasaran kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri di Kabupaten Jember; (4)
saluran pemasaran kopi oven “Buriyah” CV. Lisa Jaya Mandiri di Kabupaten
Jember adalah efisien yang ditunjukkan dengan nilai margin pemasaran yang
rendah dan efisiensi pemasaran yang kurang dari 50 %.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4325]