Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorKamalia Fikri
dc.contributor.authorAsmayah, Nina
dc.date.accessioned2017-08-29T08:12:38Z
dc.date.available2017-08-29T08:12:38Z
dc.date.issued2017-08-29
dc.identifier.nim130210103047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81555
dc.description.abstractKementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan telah menyelesaikan hasil revisi pada kurikulum 2013 yang langsung diterapkan pada tahun pelajaran 2016-2017 untuk sekolah-sekolah yang menjadi percontohan. Nama Kurikulum 2013 tidak berubah menjadi nama kurikulum nasional. Pada tahun pelajaran 2016-2017 nama Kurikulum 2013 tetap sama yaitu kurikulum 2013 edisi revisi yang berlaku secara nasional. Kurikulum terbaru ini belum menyediakan bahan ajar yang menarik bagi siswa, sehingga perlu dibuat bahan ajar dengan kombinasi pendekatan dan model pembelajaran yang dapat mendukung siswa aktif menemukan konsep secara mandiri. Tidak semua mata pelajaran dapat dipilih untuk dikembangkan menjadi bahan ajar, namun harus dipilih sesuai urgensi dari mata pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil kuisoner yang telah diisi oleh guru Biologi kelas XII dari tujuh sekolah di Kota Jember yang terdiri dari 3 Sekolah Menengah Atas Negeri dan 4 Sekolah Menengah Atas Swasta, lima dari tujuh guru Biologi kelas XII Sekolah Menengah Atas, menyatakan bahwa salah satu materi Biologi kelas XII yang dianggap sulit adalah Bioteknologi, karena terdapat istilah-istilah yang sulit untuk dipahami. Pendidikan karakter merupakan salah satu esensi dari Kurikulum 2013 edisi revisi. Pendidikan karakter adalah upaya yang disengaja untuk membantu memahami manusia, peduli dan merupakan inti atas nilai-nilai etis/susila. Pendidikan karakter juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan efektivitas perangkat pembelajaran berkarakter berbasis Scientific Approach dengan PBL (Problem-Based Learning) terhadap hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D). Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey, namun dibatasi hanya sembilan tahap. Pada penelitian ini, dilakukan uji analisis validitas perangkat pembelajaran berkarakter dan uji analisis efektivitas perangkat pembelajaran berkarakter terhadap hasil belajar pengetahuan siswa. Uji validitas dilakukan oleh empat orang validator, yaitu tiga dosen progam studi pendidikan biologi meliputi (ahli materi, ahli media dan ahli pengembangan) dan satu orang guru biologi SMAN 2 Jember kelas XII MIPA sebagai pengguna. Uji efektivitas dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas XII MIPA 7 SMAN 2 Jember yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSCIENTIFIC APPROACHen_US
dc.subjectPBL (PROBLEM-BASED LEARNING)en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN PBL (PROBLEM-BASED LEARNING) PADA MATERI BIOTEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII MIPAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record