PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA RSUD Dr. SOEBANDI JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil praktek dan penjelasan pada waktu melaksanakan Praktek Kerja Nyata mengenai Pelaksanaan Prosedur Administrasi Penggajian Karyawan Rumah Sakit umum Daerah dr. Soebandi Jember, dapat diambil kesimpulan sebagat berikut
1. Prosedur Administrasi Penggajian Karyawan :
1.1 Prosedur Administrasi Penggajian Karyawan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
a. Bendahara gaji meminta tanda tangan kepada Kepala Bagian Keuangan untuk pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) gaji karyawan Pegawai Negeri Sipil ke PEMDA (Bagian Keuangan).
b. Kepala Bagian Keuangan menandatangani pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP)tersebut dan memberikan kembali kepada Bendahara Gaji.
c. Bendahara Gaji mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) gaji karyawan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut ke PEMDA (Bagian Keuangan).
d. PEMDA (Bagian Keuangan) memberikan Surat Perintah Membayar Uang (SPMU) kepada Bendahara Gaji berupa cek untuk dicairkan di Bank Jatim.
e. Bendahara Gaji mencairkan cek tersebut di Bank Jatim.
f. Bendahara Gaji membagikan uang tersebut kepada penerima gaji (karyawan) sesuai dengan ketentuannya (sesuai dengan Daftar Gaji).
g. Setelah urusan pembayaran gaji selesai, Bendahara Gaji membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) untuk diserahkan ke PEMDA (Bagian Keuangan).
1.2. Prosedur Administrasi Penggajian Karyawan Honorer dan Rollstat:
a. Bendahara Gaji meminta tanda tangan kepada Kepala Bagian Keuangan untuk pengesahan permohonan pembayaran gaji karyawan honorer dan rollstat.
b. Kepala Bagian Keuangan menandatangani permohonan permintaan pembayaran gaji karyawan honorer dan rollstat tersebuf dan memberikan kembali kepada Bendahara Gaji.
c. Bendahara Gaji mengajukan permohonan pembayaran gaji karyawan honorer dan rollstat tersebut kepada Bendahara Rutin disertai Daftar Nama-nama Karyawan.
d. Bendahara Rutin memberikan uang beserta kwitansinya dan Daftar Nama-nama Karyawan tersebut kepada Bendahara Gaji.
e. Bendahara Gaji membagikan uang tersebut kepada penerima gaji (karyawan) sesuai dengan ketentuannya(sesuai dengan Daftar Gaji).
f. Setelah urusan pembayaran gaji selesai maka Bendahara Gaji membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) untuk diserahkan ke Bendahara Rutin.
2. Pengalaman kerja yang diperoleh selama Praktek Kerja Nyata :
a. Membantu petugas mengerjakan Rekap penerimaan dan pengeluaran kas.
b. Membantu petugas mengecek dan menghitung, pemotongan dan pembayaran pajak.
c. Membantu petugas memasukkan data kedalam komputer.
d. Membantu petugas menghitung jumlah barang yang tersisa pada saat stock opname.
e. Membantu bagian gaji menuliskan nama karyawan dan jumlah gaji vanu diterima pada amplop gaji.
Collections
- DP-Financial Accounting [181]