• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Permasalahan Siswa SLTP Terbuka Induk SLTP 1 Sukowono Tahun Pelajaran 1998/1999 Belajar Mandiri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Mujiarto 980210402328.pdf (5.007Mb)
    Date
    2017-08-18
    Author
    Mujiarto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi obyektif tentang penerapan dan permasalahan siswa SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, belajar mandiri mata pelajaran bahasa Indonesia serta upaya-upaya yg harus dilakukan untuk memantapkannya. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat kepada guru bina dan pamong serta sekolah (lembaga). Dari hasil analisis diketahui: 1. Penerapan sistim pembelajaran siswa belajar mandiri SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, khususnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia belum optimal. Dalam pelaksanaannya cenderung kea rah model pembelajaran SLTP regular, yaitu presensi dan presentasi guru 2. Permasalahan2 yg dihadapi siswa antara lain penyimpangan alur model pembelajaran siswa belajar mandiri, hasil tes kemampuan kebahasaan yg rendah, tingginya absensi siswa waktu tatap muka dg guru (pamong), target kurikulum yg tdk dapt diselesaikan tepat pd waktunya, kepribadian siswa yg tertutup, kurangnya motivasi (dorongan) orang tua dan dukungan dr lembaga sektoral. 3. Faktor penyebab permasalahan siswa dpt dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu kurang mendukungnya faktor internal dan eksternal siswa. 4. Upaya-upaya mengatasi permasalahan siswa SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, belajar mandiri dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam 2 upaya, yaitu upaya mengatasi permasalahan internal siswa dan eksternal siswa dg pendekatan integrative. Saran dari penelitian ini adalah adanya kerja-sama yg baik antara lembaga (depdikbud) dan sektoral guna menyukseskan program pemerintah dalam pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan setingkat SLTP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81313
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository