Analisis Permasalahan Siswa SLTP Terbuka Induk SLTP 1 Sukowono Tahun Pelajaran 1998/1999 Belajar Mandiri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi obyektif tentang penerapan dan permasalahan siswa SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, belajar mandiri mata pelajaran bahasa Indonesia serta upaya-upaya yg harus dilakukan untuk memantapkannya. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat kepada guru bina dan pamong serta sekolah (lembaga).
Dari hasil analisis diketahui:
1. Penerapan sistim pembelajaran siswa belajar mandiri SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, khususnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia belum optimal. Dalam pelaksanaannya cenderung kea rah model pembelajaran SLTP regular, yaitu presensi dan presentasi guru
2. Permasalahan2 yg dihadapi siswa antara lain penyimpangan alur model pembelajaran siswa belajar mandiri, hasil tes kemampuan kebahasaan yg rendah, tingginya absensi siswa waktu tatap muka dg guru (pamong), target kurikulum yg tdk dapt diselesaikan tepat pd waktunya, kepribadian siswa yg tertutup, kurangnya motivasi (dorongan) orang tua dan dukungan dr lembaga sektoral.
3. Faktor penyebab permasalahan siswa dpt dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu kurang mendukungnya faktor internal dan eksternal siswa.
4. Upaya-upaya mengatasi permasalahan siswa SLTP terbuka induk SLTP 1 Sukowono tahun pelajaran 1998/1999, belajar mandiri dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam 2 upaya, yaitu upaya mengatasi permasalahan internal siswa dan eksternal siswa dg pendekatan integrative.
Saran dari penelitian ini adalah adanya kerja-sama yg baik antara lembaga (depdikbud) dan sektoral guna menyukseskan program pemerintah dalam pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan setingkat SLTP.