Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharto
dc.contributor.advisorDian Kurniati
dc.contributor.authorUlya, Dini Makhillatul
dc.date.accessioned2017-08-18T02:12:12Z
dc.date.available2017-08-18T02:12:12Z
dc.date.issued2017-08-18
dc.identifier.nim13021010101038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81307
dc.description.abstractKomunikasi tulis sangat penting dalam pembelajaran, karena dengan menuliskan penjelasan dalam memecahkan masalah memaksa peserta didik untuk benar-benar memahami masalah yang sedang mereka coba untuk jelaskan. Sub indikator komunikasi tulis dalam penelitian ini merupakan penjabaran dari indikator komunikasi NCTM. Adapun sub indikator tersebut adalah (1) menuliskan ide dengan istilah dan simbol matematika, (2) menuliskan yang diketahui, ditanya dan strategi atau langkah-langkah dalam menemukan jawaban pada soal, (3) menuliskan dengan runtut strategi hingga kesimpulan dari penyelesaian soal berdasarkan pemikiran matematikanya secara logis dan tepat, (4) memberikan komentar pada proses pemecahan masalah dari teman yang menuliskan jawabannya di lembar jawaban, (5) memberikan penilaian pada jawaban teman di lembar jawaban dengan menggunakan lembar penilaian dan evaluasi antar peserta didik yang diberikan oleh guru, (6) menuliskan istilah, simbol atau lambang dalam matematika dengan keterangan yang jelas. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi terhadap kemampuan komunikasi tulis matematis siswa kelas X SMK 5 Jember Jurusan Pertanian Bidang Keahlian Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) 1 yang berjumlah 6 siswa berdasarkan indikator NCTM (National Councils of Techers of Mathematics) pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai komunikasi tulis siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan NCTM pada materi SPLTV. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, pedoman penilaian antar peserta didik (PAPD), pedoman wawancara, lembar validasi tes, lembar validasi pedoman wawancara, dan lembar validasi pedoman PAPD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode wawancara. Angket yang digunakan berupa pedoman PAPD. Instrumen diuji validitasnya sebelum digunakan untuk meneliti. Data hasil validasi tes dinyatakan valid dengan nilai 􀀁􀀂 = 2,74. Data hasil validasi pedoman wawancara dinyatakan valid dengan nilai 􀀁􀀂 = 2,83, sedangkan data hasil validasi pedoman PAPD dinyatakan valid dengan nilai 􀀁􀀂 = 2,92. Data dianalisis dan diidentifikasi setelah diperoleh hasil tes, pedoman PAPD dan wawancara. Soal tes terdiri dari 3 soal uraian. Hasil penelitian menujukkan bahwa sub indikator 1 dipenuhi oleh 4 siswa pada semua soal. Sub indikator 2 dipenuhi oleh 2 siswa pada soal nomor 1, 4 siswa pada soal nomor 2 dan 2 siswa pada soal nomor 3. Sub indikator 3 dipenuhi oleh 1 siswa pada soal nomor 1, 4 siswa pada soal nomor 2 dan 2 siswa pada soal nomor 3. Sub indikator 4 dipenuhi oleh 4 siswa pada soal nomor 1 dan 2 serta 3 siswa pada soal nomor 3. Sub indikator 5 dipenuhi oleh 4 siswa pada semua soal. Sub indikator 6 dipenuhi oleh 5 siswa pada soal nomor 1 dan 3 serta 4 siswa pada soal nomor 2. Sub indikator yang paling banyak terpenuhi oleh semua soal adalah sub indikator 1 sedangkan yang paling sedikit terpenuhi adalah sub indikator 3. Beberapa sub indikator tidak mampu dipenuhi siswa pada beberapa soal, hal ini terjadi karena beberapa siswa mengaku lupa saat menuliskan langkah-langkah yang digunakan dalam penyelesaian soal, selain itu beberapa siswa tidak memahami materi, dan ada pula siswa merasa waktu pengerjaan kurangen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNCTM (NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICSen_US
dc.subjectSISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV)en_US
dc.titleIDENTIFIKASI KEMAMPUAN K SISWA KELAS MENYELESAIKAN BERDASARKAN TEACHERS PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record