Show simple item record

dc.contributor.advisorSetiawan, Toto Bara
dc.contributor.advisorFatahillah, Arif
dc.contributor.authorRohmah, Kiki Aprina
dc.date.accessioned2017-08-15T02:44:38Z
dc.date.available2017-08-15T02:44:38Z
dc.date.issued2017-08-15
dc.identifier.nimNIM130210101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81175
dc.description.abstractKecerdasan majemuk atau disebut juga dengan Multiple Inteligence adalah macam-macam kecerdasan yang dimiliki setiap individu. Setiap individu memiliki delapan jenis kecerdasan dengan kadar yang berbeda, artinya ada jenis kecerdasan tertentu yang lebih dominan pada diri individu tersebut. Kecerdasan majemuk terdiri dari kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan verbal/linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalistik. Visual spasial adalah kemampuan mengenali dan membedakan bentuk-bentuk yang berkaitan dengan keruangan secara akurat. Visual spasial sangat diperlukan dalam pelajaran matematika terutama geometri. Menurut Hass, kecerdasan visual spasial terdiri dari empat karakteristik yaitu pengimajinasian, penggunaan konsep, penyelesaian masalah, dan pencarian pola. Karakteristik pengimajinasian berhubungan dengan kegiatan membayangkan suatu objek serta membuat gambar visual dalam menyajikan informasi. Karakteristik penggunaan konsep berhubungan dengan kegiatan mengumpulkan dan menyusun kerangka kerja konseptual. Karakteristik penyelesaian masalah berkaitan kemampuan memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Karakteristik pencarian pola berkaitan dengan kegiatan menemukan pola dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan masalah keruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakteristik kecerdasan visual spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP Nuris Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini terdiri dari tes kecerdasan visual spasial dan wawancara. Tes kecerdasan visual spasial diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII C, sedangkan wawancara hanya dilakukan pada subjek-subjek yang dapat memenuhi karakteristik kecerdasan visual spasial terbanyak. Hasil analisis data validasi soal tes kecerdasan visual spasial menunjukkan nilai 𝑉 sebesar 4,6333336 dan dinyatakan valid. Untuk hasil validasi pedoman wawancara menyatakan bahwa semua pertanyaan pada pedoman wawancara telah mewakili semua indikator kecerdasan visual spasial. Setelah itu, instrumen yang telah valid diujikan kepada subjek penelitian. Hasil dari tes kecerdasan visual spasial menunjukkan bahwa karakteristik kecerdasan visual spasial siswa di kelas VIII C sangat beragam. Ada beberapa subjek yang dapat memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial, dan ada juga yang hanya memenuhi sebagian dari karakteristik kecerdasan visual spasial tersebut. Namun, tidak ada subjek yang tidak memenuhi karakteristik sama sekali. Sebagian besar subjek yang diteliti yakni dapat memenuhi 2 atau 3 karakteristik kecerdasan visual spasial. Subjek-subjek yang memenuhi keempat karakteristik dan dianggap memiliki kecerdasan visual spasial terbaik kemudian diwawancarai sebagai data pendukung hasil tes kecerdasan visual spasial. Hasil wawancara menunjukkan bahwa subjek-subjek tersebut cenderung menggunakan cara atau metode yang sama dalam mengerjakan soal tes kecerdasan visual spasial. 𝑎 Karakteristik yang dapat dipenuhi setiap subjek pun berbeda-beda. Karakteristik yang paling dominan muncul pada subjek adalah karakteristik pengimajinasian, sedangkan karakteristik yang paling tidak dominan adalah karakteristik penggunaan konsep. Sebagian besar siswa dapat memenuhi karakteritik pengimajinasian dan hanya sepertiga siswa yang memenuhi karakteristik penggunaan konsep. Hal ini karena siswa cenderung lebih suka dalam membayangkan dan menuangkan idenya dalam bentuk gambar dibandingkan dengan memahami konsep.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210101016;
dc.subjectKecerdasan Visual Spasialen_US
dc.subjectGeometri Bangun Ruangen_US
dc.titleKecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Nuris Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record