• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Nuris Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Kiki Aprina Rohmah.pdf (5.363Mb)
    Date
    2017-08-15
    Author
    Rohmah, Kiki Aprina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan majemuk atau disebut juga dengan Multiple Inteligence adalah macam-macam kecerdasan yang dimiliki setiap individu. Setiap individu memiliki delapan jenis kecerdasan dengan kadar yang berbeda, artinya ada jenis kecerdasan tertentu yang lebih dominan pada diri individu tersebut. Kecerdasan majemuk terdiri dari kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan verbal/linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalistik. Visual spasial adalah kemampuan mengenali dan membedakan bentuk-bentuk yang berkaitan dengan keruangan secara akurat. Visual spasial sangat diperlukan dalam pelajaran matematika terutama geometri. Menurut Hass, kecerdasan visual spasial terdiri dari empat karakteristik yaitu pengimajinasian, penggunaan konsep, penyelesaian masalah, dan pencarian pola. Karakteristik pengimajinasian berhubungan dengan kegiatan membayangkan suatu objek serta membuat gambar visual dalam menyajikan informasi. Karakteristik penggunaan konsep berhubungan dengan kegiatan mengumpulkan dan menyusun kerangka kerja konseptual. Karakteristik penyelesaian masalah berkaitan kemampuan memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Karakteristik pencarian pola berkaitan dengan kegiatan menemukan pola dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan masalah keruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana karakteristik kecerdasan visual spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP Nuris Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode dalam penelitian ini terdiri dari tes kecerdasan visual spasial dan wawancara. Tes kecerdasan visual spasial diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII C, sedangkan wawancara hanya dilakukan pada subjek-subjek yang dapat memenuhi karakteristik kecerdasan visual spasial terbanyak. Hasil analisis data validasi soal tes kecerdasan visual spasial menunjukkan nilai 𝑉 sebesar 4,6333336 dan dinyatakan valid. Untuk hasil validasi pedoman wawancara menyatakan bahwa semua pertanyaan pada pedoman wawancara telah mewakili semua indikator kecerdasan visual spasial. Setelah itu, instrumen yang telah valid diujikan kepada subjek penelitian. Hasil dari tes kecerdasan visual spasial menunjukkan bahwa karakteristik kecerdasan visual spasial siswa di kelas VIII C sangat beragam. Ada beberapa subjek yang dapat memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial, dan ada juga yang hanya memenuhi sebagian dari karakteristik kecerdasan visual spasial tersebut. Namun, tidak ada subjek yang tidak memenuhi karakteristik sama sekali. Sebagian besar subjek yang diteliti yakni dapat memenuhi 2 atau 3 karakteristik kecerdasan visual spasial. Subjek-subjek yang memenuhi keempat karakteristik dan dianggap memiliki kecerdasan visual spasial terbaik kemudian diwawancarai sebagai data pendukung hasil tes kecerdasan visual spasial. Hasil wawancara menunjukkan bahwa subjek-subjek tersebut cenderung menggunakan cara atau metode yang sama dalam mengerjakan soal tes kecerdasan visual spasial. 𝑎 Karakteristik yang dapat dipenuhi setiap subjek pun berbeda-beda. Karakteristik yang paling dominan muncul pada subjek adalah karakteristik pengimajinasian, sedangkan karakteristik yang paling tidak dominan adalah karakteristik penggunaan konsep. Sebagian besar siswa dapat memenuhi karakteritik pengimajinasian dan hanya sepertiga siswa yang memenuhi karakteristik penggunaan konsep. Hal ini karena siswa cenderung lebih suka dalam membayangkan dan menuangkan idenya dalam bentuk gambar dibandingkan dengan memahami konsep.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81175
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15355]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository