dc.description.abstract | Penelitian ini didasarkan atas fenomena bagaimana peranan penggunaan
metode iqro’ terhadap hasil belajar. Mengingat pada program Keaksaraan Fungsional
dengan satuan pendidikan Kelompok Belajar yang perlu diperhatikan adalah
penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik warga belajar, supaya
warga belajar merasa tertarik dan berminat untuk mengikuti proses pembelajaran di
Keaksaraan Fungsional tanpa ada paksaan, sehingga dengan penggunaan metode yang
tepat diharapkan hasil belajar yang merupakan tujuan dari pembelajaran dapat
tercapai dengan maksimal. Sesuai dengan fenomena tersebut, penelitian ini difokuskan
pada pertanyaan dasar, bagaimana peranan penerapan Metode Iqro’ terhadap hasil
belajar? Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang: 1) peranan
penerapan Metode Iqro’ terhadap kemampuan membaca, menulis, berhitung
(calistung), 2) ketepatan penerapan Metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan
membaca, menulis dan berhitung (calistung). Berdasarkan masalah fokus penelitian
tersebut maka penelitian ini diungkap dengan menggunakan pendekatan kualitatif
berupa studi kasus untuk mengungkap secara holistik fenomena yang terjadi secara
menyeluruh dan mendalam pada Kelompok Belajar Merpati. Sumber data dalam
penelitian dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: person, place dan activity. Semua
sumber data tersebut digali melalui tekhnik observasi partisipatif, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
metode iqro’ pada pembelajaran calistung di keaksaraan fungsional dasar merpati
dengan berdasarkan atas latar belakang warga yang lebih bisa mengaji/membaca
huruf arab daripada membaca huruf alfabeth,telah memberikan hasil yang maksimal
terhadap perkembangan kemampuan warga, karena selain mereka dapat membaca,
menulis dan berhitung huruf alfabeth serta mampu memahami isi bacaan, kemampuan
mengaji atau membaca huruf arab warga semakin meningkat. | en_US |