dc.description.abstract | Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) adalah merupakan
pengetahuan tentang integrasi teknologi ke dalam pembelajaran yang sesuai dengan
konten materi ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) untuk mengukur kemampuan
TPCK calon guru. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Establishment)
dengan metode trial and revised ,yaitu a) uji tahap awal pada 5 mahasiswa FKIP Unej, b)
uji tahap utama pada 20 mahasiswa FKIP Unej, c) uji tahap operasional pada mahasiswa
Unej, UM, dan Unesa yang seluruhnya berjumlah 40 responden, d) penyempurnaan
produk. Semua data hasil uji coba dianalisis menggunakan Rasch Model dengan aplikasi
winstap, dengan hasil skor reliabilitas sebesar 0,79 mengindikasikan kualitas instrument
memiliki reliabilitas cukup, Skor Person Reliability sebesar 0,91 menunjukkan responden
memberikan konsistensi respon yang istimewa, dan skor reliabilitas alpha cronbach
sebesar 0,92 berarti interaksi antara responden dengan butir soal bagus sekali. Hasil ini
mengindikasikan bahwa produk instrumen yang dikembangkan dalam penelitian layak
digunakan untuk pengukuran kemampuan TPCK. | en_US |