Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorPertiwi, Vinki Erlita
dc.date.accessioned2017-08-04T07:59:25Z
dc.date.available2017-08-04T07:59:25Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nim130210204006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80854
dc.description.abstractBerdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2016 di kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember, interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa saat pembelajaran masih kurang baik, siswa cenderung individualis, pasif dan pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember, metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, serta penggunaan alat peraga belum optimal. Berdasarkan dokumen hasil ulangan harian matematika kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember secara klasikal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 56,8 dengan kriteria kurang baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3, yaitu: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing untuk pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?; dan (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Jember?. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK dengan menggunakan model skema Hopkins. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus I, pada siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan yaitu 1 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus II. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 37 orang siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian ini, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga kancing pembelajaran dapat berjalan baik dari adanya tahap penomoran, berdiskusi, dan pemberian jawaban, meskipun aktivitas bertanya dan berpendapat masih berjalan kurang baik. Namun, bantuan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan memudahkan siswa memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dibuktikan adanya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69,2% (kriteria cukup aktif) menjadi 78,5% pada siklus II (kriteria aktif) dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,8 (kriteria baik) menjadi 80,1 rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II (kriteria sangat baik). Saran yang perlu dipertimbangkan dari penelitian ini bagi guru, adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penelitian ini hendaknya dapat dijadikan referensi untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika dengan lebih memotivasi siswa agar berani bertanya dan berpendapat. Bagi pihak sekolah hendaknya mengupayakan adanya pengadaan sarana dan prasarana khususnya alat peraga yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi, serta bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi bacaan untuk dikembangkan dalam penelitian selanjutnya khususnya model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan alat peraga kancing.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)en_US
dc.subjectALAT PERAGA KANCINGen_US
dc.subjectBAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULATen_US
dc.subjectSISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 1 JEMBERen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA KANCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record