Show simple item record

dc.contributor.authorFADIAH, Rasty Sri
dc.date.accessioned2017-08-04T07:32:33Z
dc.date.available2017-08-04T07:32:33Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.date.submitted
dc.identifier.nimNIM140220104003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80845
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah pada bulan November-Oktober semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek 29 orang siswa. Desain Penelitian ini adalah Brogg and Gall yang hanya dibatasi 8 tahap yaitu; 1) Studi pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Produk Awal, 4) Uji coba terbatas, 5)revisi hasil uji coba terbatas, 6) Uji coba lapangan, dan 8) Revisi hasil uji coba lapangan. Teknik perolehan data yang digunakan adalah penilaian ahli dan pengguna, tes, pengamatan dan angket. Kevalidan model diperoleh dari penilaian validasi ahli dan pengguna, kepraktisan diperoleh dari pengamatan keterlaksanaan model PEIK dalam proes KBM, sedangkan Efektivitas model diperoleh dari peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan aktivitas belajar siswa dalam KBM dan angket digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan hasil penilaian rata-rata validator menyatakan bahwa model PEIK valid digunakan sebagai model pembelajaran memiliki unsur-unsur model sebagai berikuty: (1) Sintakmatik pada fase Prediksi adalah memprediksi/menduga sementara terhadap fenomena, fase Eksperimen adalah kegiatan membuktikan dugaan terhadap suatu fenomena dengan melakukan eksperimen atau percobaan, fase Inferensi kegiatan menyimpulkan hasil dari pengamatan, fase Komunikasi adalah kegatan mempresentasikan dan mendiskusikan kesimpulan tersebut, (2) Sistem sosial dari model PEIK yang dikembangkan dalam penelitian meliputi: Siswa mampu berinteraksi dengan sesama siswa yang lain dan siswa mampu berinteraksi dengan guru sehingga siswa mampu menemukan informasi baru mengenai hubungan objek atau fenomena yang dianalisis dengan pengetahuan yang dimiliki, (3) Sistem reaksi dari model PEIK yang dikembangkan dalam penelitian adalah guru membantu siswa menemukan informasi baru mengenai hubungan objek atau fenomena yang dianalisis dengan pengetahuan yang dimiliki, (4)Sistem pendukung model PEIK yang dikembangkan dalam penelitian meliputi perangkat pembelajaran(RPP,Silabus) fasilitas belajar (LKS model PEIK, buku teks dan pustaka yang relevan), (5) Dampak instruksioanl dari model PEIK yang dikembangkan dalam penelitian yaitu siswa dapat Memahami suatu konsep dan dapat berfikir kritis terhadap suatu permasalahan, dapat mengembangkan keterampilan mengamati, mengumpulkan data, membuat dan menguji hipotesis, Dampak pengiring dari model PEIK yang dikembangkan dalam penelitian meliputi siswa memiliki semangat kreativitas, belajar dengan bebas dan mandiri, toleransi, tekun, berpikir logis. Model pembelajaran PEIK dikatakan praktis mudah diimplementasikan dalam KBM oleh guru pengguna. Model pembelajaran PEIK dikatakan efektif digunakan untuk pembelajaran IPA di SMP ditunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa minimal pada kategori sangat aktif, Peningkatan hasil belajar siswa minimal pada kategori sedang, Respon siswa terhadap pembelajaran PEIK minimal memberikan respon positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220104003;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PEIKen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEIK(Prediksi, Eksperimen,Inferensi,Komunikasi) UNTUK PEMBELAJARAN IPA di SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record