Show simple item record

dc.contributor.authorSYAMSUDIN, MOH. ANAS
dc.date.accessioned2017-08-04T07:14:09Z
dc.date.available2017-08-04T07:14:09Z
dc.date.issued2017-08-04
dc.identifier.nim130210205078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80836
dc.description.abstractTahap membaca pada anak usia dini disebut membaca permulaan. Membaca permulaan penting diajarkan kepada anak usia dini. Pembelajaran membaca permulaan juga sudah diterapkan di TK ABA III Ampel. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di TK ABA III Ampel ditemukan dari 15 anak terdapat 10 anak yang keterampilan membacanya belum berkembang. Media yang digunakan guru kurang menarik sehingga saat pembelajaran membaca permulaan sedang berlangsung ada beberapa anak yang tidak memperhatikan. Terdapat anak yang hanya diam saat guru meminta membaca tulisan secara bersama-sama, bahkan beberapa anak keluar kelas saat pembelajaran belum selesai. Perlu adanya suatu inovasi yang bisa menarik perhatian anak untuk belajar membaca. Penerapan media kata bergambar merupakan inovasi untuk menarik perhatian dan minat anak untuk belajar membaca. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan demonstrasi media kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 melalui demonstrasi media kata bergambar di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan Rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan demonstrasi media kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 melalui demonstrasi media kata bergambar di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di TK ABA III Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 15 anak, yang terdiri sari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, proses penerapan demonstrasi media kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di TK ABA III Ampel dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat hambatan yang berkaitan dengan indikator penilaian pada siklus I yaitu sebagian besar anak masih memerlukan bantuan saat kegiatan memasangkan kata dengan gambar, hal ini disebabkan karena soal yang diberikan terlalu banyak. Permasalahan yang terjadi pada siklus I diperbaiki pada siklus II dengan cara mengubah kegiatan memasangkan kata dengan gambar menjadi bentuk permainan. Peningkatan kemampuan Membaca anak kelompok B1 di TK ABA III Ampel dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada pra siklus 57.33, siklus I 69.58, dan siklus II meningkat menjadi 82.91. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru ketika membuat lembar soal hendaknya menyesuaikan kemampuan anak, selain itu guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sekolah harus memfasilitasi guru untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat menarik minat anak dalam belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAKen_US
dc.subjectDEMONSTRASI MEDIA KATA BERGAMBARen_US
dc.subjectTK ABA III AMPEL KECAMATAN WULUHAN JEMBERen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B1 MELALUI DEMONSTRASI MEDIA KATA BERGAMBAR DI TK ABA III AMPEL KECAMATAN WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record