• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Metode Demonstrasi Proses Kreasi Kolase Kulit Bawang Di TK Dharma Indira II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Nur Sabekti.pdf (3.922Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    SABEKTI, Ika Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan motorik halus sangat penting bagi anak usia dini, motorik halus merupakan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan otot-otot kecil, karena itu tidak memerlukan tenaga. Berdasarkan hasil belajar pra siklus anak kelompok B1 TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dari 17 anak, terdiri 6 anak perkembangan motorik halusnya berkembang dengan baik, dan 11 anak perkembangan motorik halusnya berkembang kurang optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil karya anak, banyak hasil karya anak yang masih kurang rapi dan belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Kegiatan yang dimaksud yaitu metode demonstrasi kreasi kolase kulit bawang. Kegiatan tersebut berupa membuat suatu hasil karya yang bagus dari kulit bawang, misalnya dibuat bunga ataupun yang lainnya. Dengan menerapkan metode demonstrasi kreasi kolase kulit bawang diharapkan kemampuan motorik halus anak meningkat dengan optimal sesuai yang diharapkan. Bedasarkan latar belakang yang dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi proses kreasi kolase kulit bawang untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B setelah diterapkan metode demonstrasi proses kreasi kolase kulit bawang di TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi proses kreasi kolase kulit bawang untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017; (2) meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan kreasi kolase kulit bawang di TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang akan dilaksanakan, dengan menggunakan desain penelitian Arikunto, dkk, yang mana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu analisa data kualitatif dan kuantitatif. Penerapan metode demonstrasi kreasi kolase kulit bawang pada siklus I diawali dengan pembukaan, tanya jawab sesuai materi yang sesuai tema, mendemonstrasikan kegiatan kreasi kolase kulit bawang berbentuk bunga mawar kepada anak dan anak mengikuti. Pada siklus II diawali dengan pembukaan, tanya jawab sesuai tema, mendemonstrasikan kreasi kolase kulit bawang berbentuk domba dan anak mempraktekkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Dharma Indria II Sumbersari Kabupaten Jember melalui metode demonstrasi kreasi kolase kulit bawang, hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata pada pra siklus 51,8, siklus I 65,1, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,7. Berdasarkan temuan di atas, dapat diberikan saran-saran sebagai berikut: (1) saran untuk guru; kreasi kolase kulit bawang hendaknya digunakan sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (2) saran untuk kepala sekolah; hendaknya menyarankan para guru untuk menggunakan bermacam-macam bahan lain untuk membuat kreasi kolase, sehingga anak tertarik dalam mengikuti pembelajaran; (3) saran untuk peneliti lain; apabila melakukan penelitian yang sejenis hendaknya menggunakan bahanbahan yang lainnya agar dapat meningkatkan kreativitas dalam pengembangan kegiatan pembelajaran; (4) saran untuk anak; penelitian ini dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80828
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository