• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN SISTEM PENGKLASIFIKASI KECEPATAN MAKSIMUM KERETA API PADA JALUR KLAKAH-PASIRIAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE LAYER PERCEPTRON

    Thumbnail
    View/Open
    Tri Mada Abdillah - 122410101043_.pdf (7.547Mb)
    Date
    2017-08-04
    Author
    ABDILLAH, Tri Mada
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merancang dan membangun sebuah sistem informasi untuk klasifikasi kecepatan maksimum kereta api pada Jalur Klakah-Pasirian menggunakan metode Single Layer Perceptron di mana merupakan salah satu arsitektur perceptron dari Jaringan Syaraf Tiruan yang memiliki kelebihan seperti mampu mengakuisisi atau memperoleh pengetahuan walau tidak ada kepastian pada data yang digunakan, melakukan generalisasi dan ekstraksi dari suatu pola data tertentu, dan dapat menciptakan suatu pola pengetahuan melalui pengaturan diri atau kemampuan belajar. Model pengembangan perangkat lunak untuk perancangan dan pembangunan dari sistem ini menggunakan model waterfall. Pada penelitian ini, perancangan sistem menggunakan UML dengan konsep OOAD. Selain itu, pembangunan sistem menggunakan kerangka pemrograman atau framework CodeIgniter, web server Apache dengan aplikasi local server XAMPP, dan sistem pengelolaan basis data PostgreSQL. Kemudian, pengujian sistem menggunakan white box testing dan black box testing. Sistem ini dapat melakukan klasifikasi training-testing pada dataset kecepatan maksimum kereta api secara utuh menggunakan metode Single Layer Perceptron. Parameter-pamater yang digunakan antara lain nilai learning rate 0,1 dan epoh 10000. Nilai akurasi dari hasil klasifikasi tersebut adalah 100% dengan epoh berhenti pada pengulangan ke-1806. Dari klasifikasi tersebut, didapatkan pula nilai bobot dan bias yang selanjutnya dapat digunakan sebagai klasifikasi data baru berdasarkan nilai akurasi tersebut untuk mendapatkan nilai kecepatan maksimum kereta api pada suatu ruas lintas kereta api. Selain itu, sistem dapat memetakan nilai-nilai kecepatan maksimum pada suatu lintas atau jalur kereta api yang dalam objek penelitian ini menggunakan Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80780
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1055]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository