• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A MELALUI PERMAINAN MENGINJAK RANJAU (MANIPULATIF) DI TK RAUDLOTUL JANNAH KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    SITI SHOFIATUL MA’RIFAH - 130210205071_.pdf (3.557Mb)
    Date
    2017-08-03
    Author
    MA’RIFAH, Siti Shofiatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan MC yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendahuluan, perencanaan, pelaksaan tindakan, dan refleksi. Metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini meliputi observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Penerapan permainan menginjak ranjau (manipulatif) untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dilaksanakan sebanyak satu siklus dengan dua kali pertemuan. Siklus I pertemuan pertama, kegiatan bermain diawali dengan pembukaan, tanya jawab tentang media yang akan digunakan, peneliti menjelaskan aturan bermain, peneliti memberikan media kepada setiap anak, dan mengajak anak melaksanakan kegiatan bermain, namun siklus I pertemuan pertama belum berhasil dikarenakan terkendala hujan yang mengakibatkan kegiatan permainan dilakukan di dalam ruangan, hal tersebut tidak sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat peneliti sebelumnya, sehingga perlu dilakukan pengulangan siklus I pertemuan kedua. Kegiatan siklus I pertemuan kedua yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan siklus I pertemuan pertama, perbaikan terletak pada pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di halaman sekolah. Hasil dari penerapan permainan menginjak ranjau (manipulatif) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Raudlotul Jannah Jenggawah-Jember dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I pertemuan pertama yaitu 65,77, lalu nilai rata-rata kelas pada siklus I pertemuan kedua lebih meningkat mencapai 81,14. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, saran yang dapat diberikan kepada guru adalah untuk memberikan permainan menginjak ranjau (manipulatif) agar menambah referensi kegiatan pembelajaran sehingga motorik kasar anak dapat berkembang secara optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80669
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository