dc.contributor.advisor | YULIATI, Nanik | |
dc.contributor.advisor | LATHIF, Misno A. | |
dc.contributor.author | ROOSMAWATI, Putri Rahayu Surya Dewi | |
dc.date.accessioned | 2017-08-02T06:44:33Z | |
dc.date.available | 2017-08-02T06:44:33Z | |
dc.date.issued | 2017-08-02 | |
dc.identifier.nim | NIM130210205030 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80660 | |
dc.description.abstract | Proses penerapan metode bermain peran dalam penelitian ini dilalukan dalam 2 siklus. Siklus I guru mengajak anak untuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli yang sedang melakukan transaksi untuk melatih kemampuan berhitung anak. Saat melakukan kegiatan bermain peran terdapat anak yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan terburu-buru sehingga kegiatan bermain peran kurang efektif. Saat siklus II guru mengajak anak untuk bermain peran dengan dengan memberikan penjelasan berulang beserta pemberian contoh dan memberikan motivasi agar anak mengerti penjelasan dari guru dan tidak terburu-buru saat bermain peran. Guru juga memberi dua kali kesempatan untuk bermain peran agar hasil pembelajaran berhitung efektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B setelah diberikan tindakan dengan menerapkan metode bermain peran pada pembelajaran berhitung. Diketahui nilai rata-rata hasil belajar anak pada siklus I yaitu 71,18 dengan kualifikasi baik. Hasil tersebut sudah menunjukkan peningkatan yang sesuai harapan, namun untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus I dan untuk mengoptimalkan kemampuan berhitung anak kelompok B, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Nilai rata-rata kelas menunjukkan peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas yaitu 81,47. Hasil tersebut masuk dalam kualifikasi sangat baik dan sesuai dengan batas ketuntasan yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B RA Roro Fatmi Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode bermain peran yaitu sebagai bahan masukan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210205030; | |
dc.subject | KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK | en_US |
dc.subject | METODE BERMAIN PERAN | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA RORO FATMI KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |