• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI RA RORO FATMI KECAMATAN SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Rahayu Surya Dewi Roosmawati - 130210205030_.pdf (4.333Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    ROOSMAWATI, Putri Rahayu Surya Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penerapan metode bermain peran dalam penelitian ini dilalukan dalam 2 siklus. Siklus I guru mengajak anak untuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli yang sedang melakukan transaksi untuk melatih kemampuan berhitung anak. Saat melakukan kegiatan bermain peran terdapat anak yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan terburu-buru sehingga kegiatan bermain peran kurang efektif. Saat siklus II guru mengajak anak untuk bermain peran dengan dengan memberikan penjelasan berulang beserta pemberian contoh dan memberikan motivasi agar anak mengerti penjelasan dari guru dan tidak terburu-buru saat bermain peran. Guru juga memberi dua kali kesempatan untuk bermain peran agar hasil pembelajaran berhitung efektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B setelah diberikan tindakan dengan menerapkan metode bermain peran pada pembelajaran berhitung. Diketahui nilai rata-rata hasil belajar anak pada siklus I yaitu 71,18 dengan kualifikasi baik. Hasil tersebut sudah menunjukkan peningkatan yang sesuai harapan, namun untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi pada siklus I dan untuk mengoptimalkan kemampuan berhitung anak kelompok B, maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Nilai rata-rata kelas menunjukkan peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas yaitu 81,47. Hasil tersebut masuk dalam kualifikasi sangat baik dan sesuai dengan batas ketuntasan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran berhitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B RA Roro Fatmi Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Saran yang berkaitan dengan penerapan metode bermain peran yaitu sebagai bahan masukan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80660
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository