• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR- SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA SD NEGERI KEBONSARI 5 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Astri Wahyuningtyas - 130210204117_.pdf (5.817Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    WAHYUNINGTYAS, Astri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 62,38 (kategori aktif) mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 10,12 menjadi 72,5 (kategori aktif), dan pada siklus II meningkat sebesar 12,5 menjadi 85 (kategori sangat aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk penilaian kognitif dari prasiklus dengan skor 59,85 (kategori kurang) meningkat pada siklus I sebesar 13,05 menjadi 72,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,2 menjadi 84,1 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian psikomotor mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 15,95 dari 59,95 (kategori sedang/cukup) menjadi 75,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,5 menjadi 83,4 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian afektif prasiklus sebesar 61 (kategori sedang/cukup) mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 9,83 menjadi 70,83 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,92 menjadi 78,75 (kategori baik). Jadi, berdasarkan data diatas kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema Sejarah Peradaban Indonesia SDN Kebonsari 5 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80655
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository