• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIVERGEN SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Alina Mahdia Desbi - 130210101107_.pdf (3.848Mb)
    Date
    2017-08-02
    Author
    DESBI, Alina Mahdia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis tes dan wawancara dapat diketahui bahwa siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif, siswa berkemampuan matematika tingkat sedang memiliki kemampuan berpikir yang bervariasi yaitu kurang kreatif, cukup kreatif, dan sangat kreatif. Begitu juga pada siswa berkemampuan matematika tingkat rendah memiliki kemampuan berpikir yang bervariasi juga yaitu cukup kreatif, kreatif, dan sangat kreatif. Kreatif tidaknya siswa dapat ditunjukkan dengan menentukan ukuran, warna, dan banyaknya siswa membagi gambar dengan bangun datar yang unik dan bebeda dengan siswa lain serta dapat menentukan kemungkinan-kemungkinan bentuk bangun datar lain. Dari data tersebut diketahui bahwa tidak semua subjek penelitian yang termasuk kemampuan matematika tingkat tinggi memiliki kemampuan berpikir yang sangat kreatif. Begitu juga pada subjek penelitian yang termasuk kategori tingkat sedang dan rendah, tidak semua memiliki kemampuan berpikir yang kreatif ataupun kurang kreatif. Hal ini ditunjukkan pada S7 yang berkemampuan matematika tingkat sedang tetapi kemampuan berpikirnya kurang kreatif. S7 lebih memilih mengerjakan dengan sederhana dan tidak berusaha untuk berpikir divergen dalam menentukan bangun datar dengan alasan agar cepat selesai. Bangun datar yang dibuat hanya berjumlah 6 dan bentuk bangun datar yang dipilih sama dengan siswa yang lain, namun S7 lancar dan benar saat menentukan luas dengan rumus yang digunakan sehari-hari. Pada subjek penelitian S9 yang berkemampuan matematika tingkat rendah tetapi kemampuan berpikirnya sangat kreatif. S9 benar dalam menentukan kemungkinan-kemungkinan jawaban lain dan memilih mengerjakan soal dengan rumit. S9 dapat membentuk 17 bangun datar yang berbeda dan dapat membuat lebih dari 1 kemungkinan jawaban lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80636
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail