Show simple item record

dc.contributor.advisorKhristianto, Wheny
dc.contributor.advisorJulianto, Didik Eko
dc.contributor.authorZidni R, Muhamad
dc.date.accessioned2017-08-02T04:04:04Z
dc.date.available2017-08-02T04:04:04Z
dc.date.issued2017-08-02
dc.identifier.nim120910202037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80633
dc.description.abstractDestinasi wisata Pantai Boom Banyuwangi merupakan sebuah destinasi wisata pantai di Kota Banyuwangi. Pantai Boom terletak berdekatan dengan kantor pemerintah kota Banyuwangi. Lokasinya berada di lahan Pelabuhan Boom, milik PT Pelindo III cabang Tanjung Wangi di kelurahan Mandar Banyuwangi. Akses menuju lokasi dapat ditempuh hanya lima menit dari kota. Eksotika Pantai Boom Banyuwangi dengan kontur pantai pasir hitam membentang dari utara ke selatan. Panorama laut yang berlatar belakang Pulau Bali juga menjadi daya tarik wisatawan. Penelitian dilaksanakan di destinasi wisata tersebut menggunakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Proses penelitian dilakukan dengan berupaya menggali data sebanyak – banyaknya tentang beberapa fenomena yang terjadi di destinasi wisata Pantai Boom Banyuwangi berupa sejarah destinasi, sistem pengelolaan dan implementasi komunikasi pemasaran terintegrasi di destinasi wisata tersebut. Penelitian dilakukan dengan teknik snowballing (teknik bola salju) dengan mencari narasumber inti dan mencari informan lainnya secara berkesinambungan hingga seperti bola salju yang menggelinding semakin banyak narasumber semakin banyak informasi yang didapatkan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Pelindo Properti Indonesia cabang Banyuwangi, Kelompok Sadar Wisata Kampung Mandar, karyawan, pengunjung, dan pelaku usaha di Pantai Boom Banyuwangi. Hasil penelitian menemukan beberapa fenomena terkait sejarah Pantai Boom Banyuwangi yang dikenal dengan pantai THR (Taman Hiburan Rakyat) yang dulunya merupakan destinasi wisata yang ramai di kunjungi. Kemudian, dikarenakan tidak dikelola kembali sehingga terbengkalai selama beberapa kurun waktu. Kurangnya fasilitas publik seperti toilet, musholla, keamanan dan kebersihan menjadi rentetan sejarah yang negatif bagi destinasi wisata tersebut. Kerja sama dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dengan beberapa pihak seperti Pelindo Properti Indonesia dan Kelompok Sadar Wisata Kampung Mandar. Upaya kerja sama tersebut berupa aktivitas mempromosikan Pantai Boom Banyuwangi. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selaku promotor bertugas mempromosikan Pantai Boom Banyuwangi sejak tahun 2012 hingga tahun 2016. Pelindo Properti Indonesia resmi sebagai pengelola pada bulan Maret 2016, juga berupaya meningkatkan fasilitas dan kinerja dari Pantai Boom Banyuwangi sebagai kinerja lanjutan dari dinas tersebut. Beberapa implementasi komunikasi pemasaran terintegrasi dilakukan melalui media promosi advertising, sales promotion, public relation, direct selling dan online marketing. Bentuk advetising yang dilakukan berupa promosi lewat televisi, radio, brosur dan baleho. Bentuk sales promotion yang dilakukan berupa pameran – pameran yang diikuti seperti acara Majapahit Travel Fair (MTF) di Surabaya, Pameran di hotel Istana Kuala Lumpur, dan beberapa pameran lainya. Bentuk public relation yang dilakukan berupa konferensi pers melalui pemberitaan di media televisi dan koran, beberapa pidato Bupati Banyuwangi, aktivitas peduli lingkungan, rektrumen karyawan, dan beberapa pagelaran acara seperti Banyuwangi Jazz Beach Festival, Festival Paju Gandrung Sewu, Banyuwangi Recycle Fashion Festivival dan beberapa acara lainnya. Bentuk Direct selling yang dilakukan berupa penjualan tiket masuk destinasi dan tiket acara, sedangkan online marketing dilakukan melalui website dan sosial media seperti Facebook dan Instagram. Kelima elemen tersebut terintegrasi dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dan Pelindo Properti Indoneisa. Namun, bentuk personal selling tidak dilakukan karena dianggap sebagai media promosi yang tidak efektif dikarenakan jangkauan promosi yang sempit.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASIen_US
dc.subjectDESTINASI WISATAen_US
dc.subjectPANTAI BOOM BANYUWANGIen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI DI DESTINASI WISATA PANTAI BOOM BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record