Show simple item record

dc.contributor.authorNuarisky Dwi Hariyanti
dc.date.accessioned2013-12-11T03:39:56Z
dc.date.available2013-12-11T03:39:56Z
dc.date.issued2013-12-11
dc.identifier.nimNIM070210402023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8028
dc.description.abstractPenulisan afiks dalam paragraf siswa kelas VII SMPN 3 Situbondo kurang. Penulisan afiks dalam paragraf siswa perlu dikaji ulang, karena ada kesalahan yang mengakibatkan kalimat yang dihasilkan oleh siswa tidak padu dan kurang logis. Afiks menjadi unsur yang penting dalam penulisan paragraf, karena dengan hadirnya afiks yang tepat, maka ide yang disampaikan menjadi mudah dipahami. Kesalahan Penulisan afiks masih banyak ditemukan dalam paragraf buatan siswa. Oleh karena itu, rumusan masalah yang pertama dalam skripsi ini adalah bagaimanakah kesalahan Penulisan afiks dalam Paragraf yang dibuat oleh siswa kelas VII SMP 3 Situbondo? Penulisan afiks ini meliputi:prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks. Kesalahan Penulisan afiks dalam paragraf siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari diri sendiri maupun dari orang lain atau lingkungan. Oleh karena itu, rumusan masalah yang kedua dalam skripsi ini adalah faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya kesalahan Penulisan afiks dalam Paragraf karya siswa kelas VII SMP 3 Situbondo?. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data hasil paragraf yang dibuat siswa, data hasil wawancara, dan data dokumentasi absensi siswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah Paragraf karya siswa kelas VII SMPN 3 Situbondo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penugasan, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa tabel pemandu analisis data. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; dan (3) tahap penyelesaian. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini adalah kesalahan Penulisan afiks pada Paragraf karya siswa kelas VII SMPN 3 Situbondo antara lain Penulisan prefiks yang tediri atas prefiks di-, prefiks ke-, prefiks ber-, dan prefiks me-. Penulisan sufiks yang terdiri atas sufiks –nya. Penulisan konfiks yang terdiri atas konfiks diper-kan, di-kan, me-kan, dan konfiks ber-an. Pada infiks tidak ditemukan Penulisan afiks yang salah karena siswa tidak menggunakan imbuhan tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi Penulisan afiks siswa yang salah antara lain: 1) kurangnya minat siswa terhadap materi mengarang, 2) kurangnya ketelitian siswa dalam penulisan, 3) kurang pahamnya siswa pada materi afiks, dan 4) adanya pengaruh bahasa daerah. Pada umumnya kesalahan Penulisan afiks yang terjadi dalam paragraf karya siswa karena siswa kurang memahami cara penulisan afiks yang tepat. Selain itu, siswa kurang menyukai pembelajaran mengarang dan siswa juga kesulitan dalam mengubah bahasa lisan menjadi bahasa tulisan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini antara lain; (1) bagi guru dan calon guru, hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai salah satu literatur untuk menambah wawasan pengetahuan dalam matakuliah menulis dan morfologi, (2) bagi guru Bahasa Indonesia, khususnya guru SMPN 3 Situbondo hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian dan pertimbangan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada pembelajaran kebahasaan (afiks) agar siswa dapat menulis dan menggunakan afiks dengan tepat, dan (3)bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan kajian yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402023;
dc.subjectKesalahan Penulisan afiks, Paragraf Karya Siswaen_US
dc.titleKESALAHAN PENULISAN AFIKS DALAM PARAGRAF KARYA SISWA KELAS VII SMPN 3 SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record