POLA PEMBINAAN ANAK TERLANTAR MELALUI PENDIDIKAN NONFORMAL
Abstract
Fenomena merebaknya anak terlantar merupakan persoalan sosial yang kompleks, keberadaan
mereka tidak jarang menjadi masalah bagi banyak pihak, keluarga, masyarakat dan negara.
Karena anak merupakan aset generasi penerus bangsa yang perlu ditingkatkan kualitasnya
melalui pendidikan. Dalam pembinaannya melalui PNF diharapkan dapat mengembangkan
potensi warga belajar di PKBM Asy-Syifa dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan
dan ketrampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan
mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan pembinaan anak terlantar melalui program pendidikan
nonformal di PKBM Asy-Syifa Sumberjambe Jember; (2) antusias anak terlantar mengikuti
pola pembinaan program PNF di PKBM Asy-Syifa Sumberjambe Jember. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan
adalah Snowball Sampling Technique. Subjek penelitian adalah pengelola, pendidik dan warga
belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan
dokumentasi.Langkah-langkah analisisnya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1)
Gambaran pelaksanaan pembinaan anak terlantar melalui program PNF di PKBM Asy-Syifa,
terdapat beberapa program pendidikan nonformal yaitu program kesetaraan, Diniyah, life skill,
TBM, kaligrafi. Adapun gambaran pembinaannya diawali dengan Pelaksaanaan program
kesetaraan,dilanjutkan dengan program diniyah 2) Antusias anak terlantar dalam mengikuti
pola pembinaan program PNF di PKBM Asy-Syifa, karena suatu kebutuhan sehingga mereka
sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan bahkan setelah selesai kegiatan mereka
masih semangat melanjutkan bertanya terkait permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]