TAFSIR SOSIAL WACANA BAHASA IKLAN
Abstract
Banyak pakar bahasa mengatakan bahasa merupakan alat komunikasi efektif untuk
menyampaikan isi perasaan, pendapat, dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa
sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan isi perasaan, sering terjadi kejadian antara isi
perasaan yang dilisankan/dituturkan tidak sesuai dengan wujud perilaku yang diperbuat.
Contoh bahasa yang digunakan dalam iklan. Dengan memanfaatkan keadaan yang kini sedang
melanda terjadi, misal sekarang muncul berbagai macam penyakit, banyak penjual penangkal
penyakit yang mempromosikan keahliannya melalui media elektronik, misal di teve. Bahasa
yang mereka gunakan untuk mempromosikan produknya luar biasa hebat, tidak sedikit para
penderita penyakit terpicu, dan tidak ragu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk
mendapatkan obat yang dipromosikannya. Apakah obat yang ditawarkan pasti cocok/dapat
menyembuhkan penyakit yang dideritanya? Jawaban yang ditemukan (1) tidak cocok, (2)
sebagian kecil cocok, (3) cocok tetapi hanya bertahan sampai 1 minggu, dan (4) antara cocok
dan tidak cocok lebih banyak tidak cocoknya. Jawaban ini mengindikasikan bahwa bahasa yang
digunakan dalam iklan mengandung perilaku tersembunyi. Atas dasar fakta ini disarankan para
peminat sesuatu yang ingin memilikinya, jika barang itu disampaikan melalui iklan lebih
berhati-hati dalam mengambil sikap dan putusan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]