dc.description.abstract | Penelitian ini didasarkan atas fenomena penggunaan metode iqro’ pada
pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung). Mengingat pada program
Keaksaraan Fungsional dengan satuan pendidikan Kelompok Belajar yang perlu
diperhatikan adalah penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik
warga belajar, supaya warga belajar merasa tertarik dan berminat untuk mengikuti proses
pembelajaran di Keaksaraan Fungsional tanpa ada paksaan. Sesuai dengan fenomena
tersebut, penelitian ini difokuskan pada pertanyaan dasar, bagaimana penerapan Metode
Iqro’ pada pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung)?. Untuk itu, penelitian
ini bertujuan mendiskripsikan tentang: 1) latar belakang diterapkannya Metode Iqro’ pada
pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung), 2) penerapan Metode Iqro’ pada
pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung), 3) alasan warga belajar berminat
dalam mengikuti pembelajaran membaca, menulis, berhitung (calistung) dengan
penerapan Metode Iqro’. Berdasarkan masalah fokus penelitian tersebut maka penelitian
ini diungkap dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus untuk
mengungkap secara holistik fenomena yang terjadi secara menyeluruh dan mendalam pada
Kelompok Belajar Merpati. Sumber data dalam penelitian dikelompokkan menjadi 3
bagian, yaitu: person, place dan activity. Semua sumber data tersebut digali melalui
tekhnik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan metode iqro’ pada pembelajaran calistung di keaksaraan
fungsional dasar merpati berdasarkan atas latar belakang warga yang lebih bisa
mengaji/membaca huruf arab daripada membaca huruf alfabeth, penerapannya hanya
dasar-dasarnya saja yang kemudian dikembangkan lagi dengan memberikan bacaanbacaan
pendek/ayat- ayat pendek yang disadur dari Al-Qur’an beserta pemaknaannya
disertai tekhnik penyampaian yang menyenangkan telah mampu menjawab kebutuhan
warga tentang belajar sehingga dapat menarik minat warga untuk belajar dan dalam
penerapannya juga terdapat kelebihan antara lain Metode Iqro’ dapat memberikan
kemudahan bagi Tutor dalam menyampaikan materi dan bagi warga belajar mendapatkan
kemudahan dalam menerima materi sedangkan kekurangannya antara lain jika warga
belajar tidak rajin menghadiri proses pembelajaran, karena penerapan metode ini
dilakukan secara beruntun atau bersambung. Sehingga semakin sering warga belajar tidak
hadir maka akan semakin tertinggal, warga sama sekali tidak memahami huruf arab/
ataupun latin, karena permulaan penyampaian materi dengan menggunakan huruf arab.
Kekurangan dalam penerapan Metode Iqro’ tersebut jika tidak diatasi akan berimbas pada
lambatnya proses pembelajaran. | en_US |