dc.description.abstract | Berkembangnya PAUD saat ini diikuti dengan peningkatan kesadaran orang tua
untuk memberikan pendidikan bagi anak diusia sedini mungkin yang diimbangi dengan
pelayanan pendidikan anak diusia dini yang memiliki kualitas baik dalam meningkatkan
mutu pendidikan khususnya jalur pendidikan non formal. Salah satunya adalah dengan
menyediakan tenaga pendidik kualifikasi kompetensi pedagogic dan professional.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian
ini adalah 5 guru kelas PAUD Dharma Wanita yang menjadi Binaan SKB Situbondo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD tersebut mempunyai peran yang sangat
penting bagi pendidikan. Sebagai guru pada PAUD tersebut guru bukan hanya
menyampaikan materi di dalam kelas tetapi juga harus melakukan penanganan terhadap
anak saat anak mengalami kesulitan ataupun masalah dalam perkembangan peserta
didiknya. Dalam pendidikan anak usia dini seorang guru PAUD dituntut untuk memiliki
dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya tersebut yaitu kompetensi pedagogic
dan profesional. Peningkatan kompetensi pedagogic dan profesional guru PAUD
dilakukan secara berkesinambungan oleh kepala lembaga SKB, organisasi HIMPAUDNI
dan guru PAUD tersebut. Upaya peningkatan yang dapat mendukung peningkatan
kompetensi pedagogic dan professional yang dilakukan oleh guru PAUD Dharma Wanita
Binaan SKB Situbondo yaitu dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan mengikuti
seminar, memanfaatkan media cetak/media massa dan media elektronik, peningkatan
profesi melalui belajar sendiri, mengikuti kursus, dan aktif dalam organisasi keguruan
yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Sedangkan dalam upaya lembaga
pendidikan non formal bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan pengadaan lokakarya
(workshop), mendukung ide-ide baru dari guru, dan termotivasi guru untuk membuat
karya tulis ilmiah. | en_US |