dc.description.abstract | Metode Pendekatan Sentifik sangat cocok Untuk meningkatkan aktivitas siswa
dalam Kegiatan Pembelajaran kepada siswa sehingga Keaktifan siswa dalam belajar
mengajar tidak merasa bosan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional
dan intelektual, diharapkan konsep membedakan berbagai bentuk energi yang diajarkan
guru dapat dipahami oleh siswa, permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah:
(1) peningkatan prestasi belajar IPA dengan Pendekatan Saintifik? (2) bagaimanakah
pengaruh menggunakan media asli, kemotivasi belajar siswa? sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: (a) perbandingan kemajuan pembelajaran menggunakan metode
saintifik (b) ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan
pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak tiga
puataran, setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, dan
pengamanan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
Maron Kidul II Kabupaten Probolinggo tahum Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil anaisis
di dapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra siklus, siklus I
sampai siklus II yaitu, Pra siklus (38,89%) siklus I (60%) dan Siklus II (88,89%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajarn dengan metode saintifik sangat tepat
untuk kemajuan dan prestasi siswa dalam pembelajan dan prestasi siswauntuk kelas IV SD
Negeri Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo tahu Pelajaran
2015/2016. Metode pembelajaran Saintifik ini sangat tepat sekali dilaksanakan untuk
pelajaran ilmu pengetahun alam kelas IV | en_US |