• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ACTION LEARNING DENGAN METODE BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS X.2 DI SMA NEGERI DARUSSOLAH SINGOJURUH

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dwi Ratna N. I. Lestari_1_17.pdf (723.6Kb)
    Date
    2013-08-21
    Author
    Dwi Ratna Nur Indah Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru mata pelajaran fisika di SMA Negeri Darussolah Singojuruh, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas X.2 masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 42 siswa, hanya 19 orang atau hanya 45.23 % siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 23 orang atau hanya 54.76% siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70. Selain hasil belajar yang masih rendah, ditemukan juga bahwa aktivitas belajar fisika siswa kelas X.2 di SMA Negeri Darussolah Singojuruh juga masih kurang, berdasarkan analisis data observasi awal diketahui bahwa 52.38% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 48.41% siswa yang aktif mencatat; 34.12% siswa yang aktif bertanya; dan 41.27% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa 44.04%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Action learning adalah strategi yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami dari dekat suatu kehidupan nyata yang menyeting aplikasi topik dan isi materi yang dipelajari atau didiskusikan di kelas. Penelitian ini menempatkan siswa dalam cara penemuan dan memudahkannya menjadi kreatif dalam bertukar pendapat tentang penemuan mereka dengan sesama siswa. Strategi action learning ini nantinya akan dipadukan dengan metode belajar mandiri. Belajar mandiri tidak berarti belajar sendiri, melainkan metode belajar gabungan antara metode belajar individu, metode belajar kelompok dan metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri pada siswa kelas X.2 di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri pada siswa kelas X.2 di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X.2 SMA Negeri Darussholah Singojuruh tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 25 Oktober 2011 sampai dengan 10 November 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, ketuntasan hasil belajar selama proses pembelajaran yakni pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, bertanya, berdiskusi dengan kelompok, presentasi, menggunakan alat, mengerjakan LKS telah mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 48,78%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68,29% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 82,93%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/800
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository