• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatkan Kemampuan Profesional Guru Melalui Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Kelompok Kerja Guru (Kkg) Sd Gugus 02 Desa Biting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    12-17_TITIN K_.pdf (575.3Kb)
    Date
    2017-03-30
    Author
    Kartini, Titin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam UU guru dan dosen No.14 tahun 2005 dikatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berkewajiban untuk merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Sehingga menuntut seorang guru untuk mampu mengevaluasi pembelajaran dengan salah satu cara dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada kenyataaannya. sebagian besar guru masih mengalami kesulitan untuk melakukan PTK yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan yang mendasar tentang PTK. Oleh sebab itu perlu diberikan pelatihan tentang PTK, pendampingan melakukan PTK serta pembimbingan dalam membuat karya ilmiah (artikel) hasil PTK kepada guru-guru sekolah dasar mitra yang tergabung dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) Gugus 02 Desa Bitingterdiri dari 5 sekolah dasar yaitu SDN Biting 01, SDN Biting 02, SDN Biting 03, SDN Biting 04 dan SDN Candijati 01. Kegiatan pelatihan tentang PTK berupa penjelasan kembali tentang sifat, karakteristik, tujuan PTK, tahapan-tahapan PTK, bagaimana menyusun laporan PTK dan bagaimana membuat karya ilmiah (artikel) hasil PTK. Kegiatan pendampingan, dipilih 2 – 3 guru diminta untuk melakukan PTK dengan didampingi mulai tahap perencanaan (membuat RPP, LKS, tes, rubrik penilaian), tahap pelaksanaan (tindakan) yaitu melaksanakan PTK sesuai tindakan yang telah direncanakan pada tahap perencanaan, tahap observasi (meminta beberapa guru untuk jadi observer, mengamati aktivitas guru, aktivitas siswa dan kejadian-kejadian pada saat tindakan) dan tahap refleksi (mendiskusikan hasil pada tahap pelaksanaan dan observasi. Kegiatan pembimbingan dalam membuat artikel hasil PTK, dari materi format laporan dan artikel, guru-guru mitra dibimbing dalam menyusun laporan dan artikel hasil PTK.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79968
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository