• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Binar Kurnia Prahani_1_16.pdf (1.047Mb)
    Date
    2013-08-21
    Author
    Binar Kurnia Prahani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII SMP Negeri 1 Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi, peneliti memperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Proses pembelajaran di kelas sudah berjalan dengan baik dengan dilengkapi buku pegangan untuk siswa yaitu buku PR Fisika SMP dan sudah digunakan saat pembelajaran di kelas. Menurut siswa buku pegangan berupa PR Fisika SMP tersebut sulit dimengerti, materi yang disajikan tidak lengkap dan soal yang disajikan terlalu sulit. Pemanfaatan laboratorium ICT belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Information and Communication Technology (ICT) adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Perangkat pembelajaran adalah perangkat yang digunakan selama proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dihasilkan meliputi, yaitu: silabus; rencana pelaksanaan pembelajaran; lembar kegiatan siswa; buku ajar siswa; instrumen evaluasi dan media pembelajaran ICT. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang valid dan mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis ICT pada pokok bahasan energi di SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil observasi keterlaksanaan RPP, ketuntasan hasil belajar fisika siswa, dan respon siswa. Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT berkategori valid dan layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII A SMP Negeri 1 Tegaldlimo sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 75,86% sehingga siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tegaldlimo mencapai ketuntasan hasil belajar secara classical. Siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tegaldlimo memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT pada pokok bahasan energi di SMP, hal ini dikarenakan penggunaan perangkat pembelajaran fisika berbasis Information and Communication Technology (ICT) merupakan hal yang baru dan tidak membosankan untuk pembelajaran fisika. Siswa menginginkan pembelajaran selanjutnya menggunakan perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/798
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository