• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI POKOK BAHASAN BANGUN DATAR BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mochammad Baihaqi_1.pdf (3.594Mb)
    Date
    2017-03-21
    Author
    Baihaqi, Mochammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan materi pelajaran yang penting dan tidak dapat ditinggalkan baik pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Dalam mempelajari matematika siswa harus mengenal dan memahami objek-objek matematika. Pendidikan matematika juga memiliki peran yang sangat penting karena matematika adalah ilmu dasar yang digunakan secara luas dalam berbagai bidang kehidupan. Geometri merupakan salah satu cabang dari matematika yang harus dikuasai oleh siswa, sebab materi Geometri banyak digunakan dalam mempelajari beberapa materi matematika. Berdasarkan teori Van Hiele, siswa akan melalui lima tingkat (level) berpikir dalam memahami geometri, yaitu: tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi), dan tingkat 4 (rigor). Pada penelitian ini dilakukan analisis kemampuan menyelesaikan soal pokok bahasan Geometri berdasarkan level berpikir van Hiele untuk siswa kelas VII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan berupa dua paket tes dengan paket tes pertama digunakan untuk mengidentifikasi level berpikir semua siswa kelas VII A berdasarkan level berpikir van Hiele kemudian diberikan soal tes kedua kepada 5 siswa dengan ketentuan 2 siswa dari level 0, 2 siswa dari level 1, dan 1 siswa pada level 0-1. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, metode tes, dan metode wawancara. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis hasil wawancara, analisis hasil tes pertama, dan analisis hasil tes kedua. Pada hasil penelitian menunjukkan hasil tes pertama tidak ada yang masuk pada level 2 maupun 3 serta memunculkan siswa yang berada ada level antara 0-1 x dan previsualisasi. Jumlah siswa yang masuk pada level previsualisasi sebanyak 7 siswa, jumlah siswa yang masuk pada level 0 sebanyak 16 siswa, jumlah siswa yang masuk pada level 1 sebanyak 4 siswa, serta jumlah siswa yang masuk pada level antara 0-1 sebanyak 11 siswa. Berdasarkan hasil tes pertama maka pengambilan subjek diubah menjadi 2 siswa level 0, 2 siswa level 1 serta 1 siswa level antara 0-1. Kemudian dari kelima siswa ini diberikan tes kedua serta wawancara untuk melihat kemampuan menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil tes kedua dan wawancara yang dilakukan kemampuan menyelesaikan soal siswa level 0 hanya mampu berpikir pada tahap mengidentifikasi benda, siswa level 1 hanya mampu berpikir pada tahap analisi benda sampai tingkat soal yang rumit sedangkan siswa level 0-1 hanya mampu berpikir pada tahap menganalisis benda pada permasalahan yang mudah
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79746
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository