| dc.description.abstract | Mata pelajaran fisika  adalah salah satu mata pelajaran dalam  rumpun sains
yang  dapat  mengembangkan  kemampuan  berpikir analitis  induktif  dan  deduktif.
Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika adalah
metode  ceramah,  dengan  kegiatan  belajar  mengajar  fisika  yang  berpusat  pada
guru. Hal  ini  menyebabkan  fisika  menjadi  pelajaran  yang  kurang  menarik  bagi
siswa.  SMA  Negeri  1  Kencong  adalah  salah  satu  sekolah  yang  ada  dikabupaten
Jember. Berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  guru  mata  pelajaran  fisika  bahwa
pada  saat  pembelajaran  siswa  terlihat  pasif,  hanya  beberapa  siswa  yang
mendengarkan penjelasan guru sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah.
Tujuan  dari  penelitian  ini  mengkaji pengaruh  model  pembelajaran  kooperatif
group  investigation disertai three-stage  fishbowl  decision terhadap  hasil  belajar
dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri
1 Kencong.
Group  investigation merupakan salah  satu  bentuk  model  pembelajaran
kooperatif yang  menekankan  pada  partisipasi  dan  aktivitas  siswa  untuk  mencari
sendiri  materi  (informasi)  pelajaran  yang  akan  dipelajari  melalui  bahan-bahan
yang  tersedia  serta  siswa  dilibatkan  sejak  perencanaan  sampai  evaluasi,  baik
dalam  menentukan  topik  maupun  cara  untuk  mempelajarinya  melalui  investigasi
serta  mengevaluasi  hasil  investigasi.  Disamping  model,  faktor  pendukung
keberhasilan aktivitas siswa yaitu dengan strategi pembelajaran aktif. Three-Stage
Fishbowl  Decision merupakan  salah  satu  metode  pembelajaran  aktif  yang
mendorong  siswa  untuk  bekerja  sama  dalam  menyelesaikan  tugas  kelompok
dengan cara berdiskusi. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen, dengan  tempat  penelitian
ditentukan  menggunakan  cara purposive  sampling  area.  Penelitian  ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan  uji  homogenitas.  Penentuan  sampel  penelitian  dengan cluster  random
sampling. Rancangan  penelitian  menggunakan Design  Randomized Post  Test
Only  Control  Group.  Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji dan
menggunakan persentase aktivitas klasikal.
Analisis  data  menggunakan  uji untuk  mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision
terhadap hasil  belajar  siswa diperoleh pada  pertemuan  1 nilai thitung =  2,393 dan
nilai = 1,992 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis  kerja diterima. Untuk  pertemuan  ke-2  nilai thitung =  6,08 dan  nilai
=  1,992  sehingga , maka  hipotesis  nihil ditolak  dan
hipotesis  kerja diterima. Hasil  belajar  siswa  diperoleh  dari  hasil  post-test,
kognitif proses dan psikomotor. pada RPP 1 siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa
dan  14  siswa  tidak  tuntas.  Sedangkan  pada  RPP  2  siswa  yang  tuntas  42  siswa
(100%  tuntas)dan  dapat  disimpulkan  bahwa  ada  pengaruh model pembelajaran
kooperatif group  investigation disertai three-stage  fishbowl  decision terhadap
hasil  belajar  siswa. Hasil  analisis  aktivitas  siswa selama  mengikuti  pembelajaran
fisika menggunakan  model  pembelajaran  kooparatif Group  Investigation disertai
Three-Stage  Fishbowl  Decision pada  pertemuan  pertama  dan  kedua hasil
reliabilitas  instrument  mengalami  peningkatan  yaitu  dari  98,79  %  menjadi  99,13
% dan termasuk pada kategori aktif.
Berdasarkan  analisis  data  yang  diperoleh,  maka  kesimpulan  dari  penelitian
ini  adalah:  (1) Ada pengaruh model Group  Investigation disertai Three-Stage
Fishbowl Decision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI
IPA  di SMA  Negeri  1 Kencong tahun  ajaran  2011-2012. (2) Aktivitas  belajar
siswa  selama  mengikuti  pembelajaran  fisika  menggunakan  model pembelajaran
kooperatif Group  Investigation disertai Three-Stage  Fishbowl  Decision termasuk
dalam kategori aktif. | en_US |