• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION (GI)” DISERTAI “THREE-STAGE FISHBOWL DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Arisandi Citra Agustin_1_17.pdf (137.0Kb)
    Date
    2013-08-20
    Author
    Arisandi Citra Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika adalah metode ceramah, dengan kegiatan belajar mengajar fisika yang berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan fisika menjadi pelajaran yang kurang menarik bagi siswa. SMA Negeri 1 Kencong adalah salah satu sekolah yang ada dikabupaten Jember. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika bahwa pada saat pembelajaran siswa terlihat pasif, hanya beberapa siswa yang mendengarkan penjelasan guru sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong. Group investigation merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia serta siswa dilibatkan sejak perencanaan sampai evaluasi, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi serta mengevaluasi hasil investigasi. Disamping model, faktor pendukung keberhasilan aktivitas siswa yaitu dengan strategi pembelajaran aktif. Three-Stage Fishbowl Decision merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan cara berdiskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji dan menggunakan persentase aktivitas klasikal. Analisis data menggunakan uji untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision terhadap hasil belajar siswa diperoleh pada pertemuan 1 nilai thitung = 2,393 dan nilai = 1,992 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Untuk pertemuan ke-2 nilai thitung = 6,08 dan nilai = 1,992 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil post-test, kognitif proses dan psikomotor. pada RPP 1 siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa dan 14 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada RPP 2 siswa yang tuntas 42 siswa (100% tuntas)dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation disertai three-stage fishbowl decision terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooparatif Group Investigation disertai Three-Stage Fishbowl Decision pada pertemuan pertama dan kedua hasil reliabilitas instrument mengalami peningkatan yaitu dari 98,79 % menjadi 99,13 % dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh model Group Investigation disertai Three-Stage Fishbowl Decision terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2011-2012. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation disertai Three-Stage Fishbowl Decision termasuk dalam kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/796
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository