PENGARUH INTERNAL PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PELANGGAN ROTI DI CONATO BAKERY ROXY SQUARE JEMBER
Abstract
Faktor psikologis merupakan faktor internal konsumen yang memberikan
dorongan mengenai tindakan apa yang seharusnya dilakukan oleh konsumen,
termasuk dalam memutuskan membeli produk. Faktor psikologis akan memengaruhi
motivasi dalam pemilihan suatu produk, dimana motivasi secara langsung akan
menjadi dorongan seseorang untuk mendapatkan produk yang benar-benar
memberikan jaminan kualitas. Motivasi didefinisikan sebagai proses dimana individu
mengenal kebutuhannya dan mengambil tindakan untuk memuaskan kebutuhan
tersebut. Faktor psikologis akan memengaruhi persepsi atas kualitas produk yang
akan dikonsumsi, persepsi tersebut dengan sendirinya menjadikan dukungan atas
pemilihan produk yang akan dilakukan. Persepsi pada dasarnya merupakan proses
diterimanya rangsangan obyek, kualitas, hubungan antara gejala, maupun peristiwa
sampai rangsangan itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan : 1) untuk menganalisis pengaruh signifikan motivasi
terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery Roxy Square Jember,
2). untuk menganalisis pengaruh signifikan persepsi terhadap keputusan membeli
pelanggan roti di Conato Bakery Roxy Square Jember, 3).untuk menganalisis
pengaruh signifikan pengetahuan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di
Conato Bakery Roxy Square Jember dan 4)untuk menganalisis pengaruh signifikan
keyakinan dan sikap terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery
Roxy Square Jember. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling dengan kriteria Konsumen sebagai pengambil keputusan
membeli dan sekaligus pengguna fasilitas di Conato Bakery Roxy Square Jember dan
konsumen yang telah mengunjungi Conato Bakery Roxy Square Jember lebih dari 2
kali, sebanyak 140 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Setelah dilakukan analisis data, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu:
1).hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery Roxy
Square Jember. Berpengaruhnya motivasi terhadap keputusan membeli roti
mengindikasikan bahwa konsumen tertarik dan membeli roti dikarenakan rasa roti
yang enak, harga terjangkau dan desain ruangan yang menarik. Hasil penelitian
menerima hipotesis pertama yang menyatakan bahwa motivasi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery Roxy
Square Jember, 2). hasil analisis regresi diperoleh bahwa variabel persepsi
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery Roxy Square Jember. Berpengaruhnya persepsi terhadap keputusan membeli
roti mengindikasikan bahwa konsumen tertarik dan membeli roti dikarenakan
pelayanan yang baik, kenyamanan tempat menunggu dan adanya fasilitas pendukung.
Hasil penelitian menerima hipotesis kedua yang diajukan, yaitu bahwa persepsi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato Bakery
Roxy Square Jember, 3). hasil analisis regresi diperoleh bahwa variabel pengetahuan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di Conato
Bakery Roxy Square Jember. Berpengaruhnya pengetahuan terhadap keputusan
membeli roti mengindikasikan bahwa konsumen tertarik dan membeli roti
dikarenakan informasi dari rekan, tempat strategis dan rekomendasi dari temanteman.
Hasil penelitian menerima hipotesis ketiga yang diajukan, yaitu bahwa
pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli pelanggan roti di
Conato Bakery Roxy Square Jember, 4) Hasil analisis regresi diperoleh bahwa
variabel keyakinan dan sikap berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
membeli pelanggan roti di Conato Bakery Roxy Square Jember. Berpengaruhnya
keyakinan dan sikap terhadap keputusan membeli roti mengindikasikan bahwa
konsumen tertarik dan membeli roti dikarenakan sarana yang nyaman, citra yang baik
dari Conato dan keinginan membandingkan atas fasilitas yang ditawarkan dengan
tempat sejenis lainnya. Penelitian menerima hipotesis keempat yang diajukan yaitu
bahwa keyakinan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli
pelanggan roti di Conato Bakery Roxy Square Jember.