• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR DIREKTIF REQUIREMENT GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TK MUSLIMAT NU 56 KESILIR KECAMATAN WULUHAN

    Thumbnail
    View/Open
    Ratna Rafitasari - 110210402043_.pdf (1.649Mb)
    Date
    2017-03-09
    Author
    RAFITASARI, Ratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia. Sebagai mahluk sosial, manusia selalu menggunakan bahasa untuk menyampaikan gagasan dan pikiran kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa digunakan oleh semua kalangan profesi, baik dokter, petani, pejabat militer, wiraswasta, maupun guru. Saat mengajar, guru memproduksi berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa. Tindak tutur requirement yang sering diujarkan oleh guru di Taman Kanak-kanak adalah tindak tutur direktif requirement. Tindak tutur yang digunakan guru tersebut merupakan fenomena bahasa yang membantu mempermudah jalannya proses kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) jenis tindak tutur requirement apa sajakah yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Muslimat NU 56 Kesilir, (2) modus tindak tutur requirement apa sajakah yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Muslimat NU 56 Kesilir. Rancangan penelitian yang digunakan deskriptif. Jenis penelitian adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah segmen tutur beserta konteks yang diindikasikan memuat tindak tutur direktif requirement. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam kegiatan pembelajaran di TK Muslimat NU 56 Kesilir. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu : (1) observasi/pengamatan, (2) rekam, dan (3) simak. Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri atas tiga proses, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh jenis tindak tutur requirement yang ditemukan yaitu requirement memerintah, menghendaki, mengomando, menuntut, mengarahkan, menginstruksikan, dan mengatur. Selain itu, ada enam jenis modus yang ditemukan yaitu, modus pernyataan (deklaratif) mewadahi tindak tutur requirement menuntut, memerintah, dan menghendaki; modus permohonan (optatif) mewadahi tindak tutur requirement memerintah; modus perintah (imperatif) mewadahi tindak tutur requirement mengarahkan; modus bertanya (interogatif) mewadahi tindak tutur requirement memerintah dan menghendaki; modus keharusan (obligatif) mewadahi tindak tutur requirement mengarahkan; dan modus keinginan (desideratif) mewadahi tindak tutur requirement memerintah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindak tutur requirement yang sering digunakan oleh guru adalah jenis requirement menginstruksikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79551
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository