PEMASARAN PAKET WISATA DENGAN METODE PERSONAL SELLING PADA PT. BANDARA MEGA PERSADA MALANG
Abstract
PT. Bandara Mega Persada Malang adalah salah satu biro perjalanan wisata di
Malang yang bergerak dibidang jasa yaitu mengenai paket wisata. Didalam
memasarkan paket wisata PT. Bandara Mega Persada menggunakan metode
personal selling untuk mempromosikan paket wisatanya. Salah satu cara dalam
menerapkan sistem pelayanan tersebut yaitu dengan melakukan pendekatan
emosional pelanggan. Dimana sebagai penjual jasa harus mengerti betul apa yang
diinginkan pelanggan. Melalui pembicaraan singkat, maka akan diketahui
mengenai sifat, kesukaan dan ketidaksukaan dari pelanggan tersebut. Sehingga
sangat mudah bagi petugas untuk dapat menempatkan diri agar timbul suatu
suasana yang nyaman dan menyenangkan pada saat memberikan pelayanan
kepada pelanggan. Di dalam menghadapi pelanggan, hal terpenting yang harus
dilakukan yaitu komunikasi dengan pelanggan. Dengan komunikasi akan dapat
terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, dengan harapan pelangan tersebut
akan kembali lagi. PT. Bandara Mega Persada Malang menerapkan beberapa
kosep dasar pelayanan prima sebagai sarana pelengkap dalam memberikan
pelayanan. Pelayanan tersebut diantarannya adalah: sikap (attitude), perhatian
(Attention), tindakan (Action). Konsep dasar pelayanan prima tersebut
(sikap/attitude, perhatian/attention, tindakan/action) merupakan satu mata rantai
yang tidak bisa dipisahkan.
Dalam membuat paket wisata kita harus terus memantau harga pasar sebuah
destinasi dan mejalin kerja sama dalam bentuk contract rate agar mempermudah
agen dalam melakukan reservasi apapun. Selanjutnya adalah penentuan berapa
profit yang akan diambil, menentukan tanggal keberangkatan, dan berapa lama
tour akan dilaksanakan.
Tahap-tahap pemasaran paket wisata dengan menggunakan personal selling
pada PT. Bandara Mega Persada Malang diantaranya yaitu: menetukan target
(Instansi, Perusahaan atau Masyarakat umum) mempresentasikan paket wisata
yang akan ditawarkan atau yang diminta oleh calon konsumen dengan tujuan
memperoleh timbal balik dari calon konsumen, apabilah konsumen bersedia
menggunakan jasa PT. Bandara Mega Persada Malang tahap selanjutnya adalah
tahap eksekusi dimana tour akan berlangsung sesuai dengan jadwal dan tempat
yang telat ditentukan.
Collections
- DP-Travel Agent [250]