• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V DI SDN ANTIROGO 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Hari Priyo Susanto - 120210204147_.pdf (1.228Mb)
    Date
    2017-03-07
    Author
    SUSANTO, Hari Priyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Antirogo 04 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral hopkins. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan , penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses penerapan metode demonstrasi pada siklus I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran. Kekurangan yang ada pada siklus I yaitu pemilihan kata dan keberanian siswa dalam berbicara masih kurang. Pada siklus II guru melakukan tindakan perbaikan dengan menjelaskan hal-hal yang harus dikuasai saat berbicara. Guru memeberikan latihan-latihan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode sosiodrama. Pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 20 siswa dengan presentase 57,15%. Pada siklus I keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 25 siswa dengan presentase 71,42%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 32 siswa dengan presentase 91,42%. Saran bagi guru dan peneliti yang akan menerapkan metode sosiodrama, hendaknya benar-benar memahami kelemahan dan keberhasilan metode ini dalam setiap pembelajaran untuk dijadikan perbaikan dalam pembelajaran selanjutnya. Kepala sekolah hendaknya menginformasikan metode sosiodrama pada guru-guru untuk dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa Indonesia.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository