• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SARANA PRASARANA LABORATORIUM FISIKA DAN INTENSITAS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Eka Budi Yanti - 120210102083_.pdf (2.279Mb)
    Date
    2017-03-06
    Author
    YANTI, Dian Eka Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan kemudian mendeskripsikan hasil analisis data yang telah diambil tentang sarana prasarana laboratorium fisika dan intensitas kegiatan praktikum fisika SMA Negeri di Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana sampel yang digunakan peneliti adalah SMA Negeri 1 Jember, SMA Negeri 4 Jember, SMA Negeri 1 Pakusari, SMA Negeri Rambipuji dan SMA Negeri 2 Tanggul. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dimulai tanggal 3 Mei sampai 20 Mei 2016. Hasil data observasi didapatkan bahwa SMA Negeri 1 Jember 90,51%, SMA Negeri 4 Jember 77,38%, SMA Negeri 1 Pakusari 85,17%, SMA Negeri Rambipuji 76,78%, SMA Negeri 2 Tanggul 93,05% dan hasil angket untuk mengetahui intensitas kegiatan praktikum adalah SMA Negeri 1 jember 53,33%, di SMA Negeri 4 Jember 70%, di SMA Negeri 1 Pakusari 48,15%, di SMA Negeri Rambipuji 62,96%, di SMA Negeri 2 Tanggul 56,67%. Intensitas praktikum fisika di 5 SMA Negeri Kabupaten Jember didapatkan rata-rata kategori cukup baik dengan nilai skor rata-rata 16,8 dengan prosentase 58,22%. Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alat laboratorium dalam mendukung pembelajaran fisika dalam kategori cukup baik, dimana kategori ini masih masuk dalam kategori kurang maksimal sehingga perlu dimaksimalkan kembali, mengingat pentingnya praktikum dalam mendukung suatu pembelajaran terutama pelajaran fisika. Selain pemanfaatan alat, penambahan alat dan perlengkapan lain juga masih dalam kategori kurang, dimana masih banyak alat yang jumlahnya kurang atau bahkan masih ada beberapa alat yang belum ada, masih belum memenuhi standart yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni peraturan perundang-undangan no 24 tahun 2007.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79432
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • RESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember) 

      Samsul Muarif (2014-01-22)
      Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ...
    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP 

      SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)
      Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository