ANALISIS SARANA PRASARANA LABORATORIUM FISIKA DAN INTENSITAS KEGIATAN PRAKTIKUM FISIKA DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan kemudian
mendeskripsikan hasil analisis data yang telah diambil tentang sarana prasarana
laboratorium fisika dan intensitas kegiatan praktikum fisika SMA Negeri di
Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dimana sampel
yang digunakan peneliti adalah SMA Negeri 1 Jember, SMA Negeri 4 Jember, SMA
Negeri 1 Pakusari, SMA Negeri Rambipuji dan SMA Negeri 2 Tanggul. Instrumen
yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini
dimulai tanggal 3 Mei sampai 20 Mei 2016. Hasil data observasi didapatkan bahwa
SMA Negeri 1 Jember 90,51%, SMA Negeri 4 Jember 77,38%, SMA Negeri 1
Pakusari 85,17%, SMA Negeri Rambipuji 76,78%, SMA Negeri 2 Tanggul 93,05%
dan hasil angket untuk mengetahui intensitas kegiatan praktikum adalah SMA Negeri
1 jember 53,33%, di SMA Negeri 4 Jember 70%, di SMA Negeri 1 Pakusari 48,15%,
di SMA Negeri Rambipuji 62,96%, di SMA Negeri 2 Tanggul 56,67%. Intensitas
praktikum fisika di 5 SMA Negeri Kabupaten Jember didapatkan rata-rata kategori
cukup baik dengan nilai skor rata-rata 16,8 dengan prosentase 58,22%.
Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan
alat laboratorium dalam mendukung pembelajaran fisika dalam kategori cukup baik,
dimana kategori ini masih masuk dalam kategori kurang maksimal sehingga perlu
dimaksimalkan kembali, mengingat pentingnya praktikum dalam mendukung suatu
pembelajaran terutama pelajaran fisika. Selain pemanfaatan alat, penambahan alat
dan perlengkapan lain juga masih dalam kategori kurang, dimana masih banyak alat
yang jumlahnya kurang atau bahkan masih ada beberapa alat yang belum ada, masih
belum memenuhi standart yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni peraturan
perundang-undangan no 24 tahun 2007.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
RESPON GURU FISIKA TERHADAP SILABUS FISIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi pada Guru Fisika SMA Negeri di Kotatif Jember)
Samsul Muarif (2014-01-22)Pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kualitas kehidupan bangsa. Langkah maju dalam dinamika pendidikan nasional yang telah dilakukan oleh Depdiknas adalah penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) ... -
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ...