• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Devinta Riska Sistya - 110210402006_.pdf (990.1Kb)
    Date
    2017-03-06
    Author
    SISTYA, Devinta Riska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember adalah langsung literal. Konteks pada tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas konteks kotekstual, konteks psikologi, konteks situasi, konteks aksional, dan konteks eksistensial. Konteks kotekstual terdapat dalam tindak tutur bertanya yang dipicu oleh tindak tutur sebelumnya. Konteks psikologis pada tindak tutur bertanya meliputi perasaan binggung, perasaan senang, kecewa atau tidak puas. Konteks situasi pada tindak tutur bertanya meliputi siswa kurang memperhatikan gurunya ketika mengajar di kelas dan situasi ramai di kelas. Konteks aksional pada tindak tutur bertanya berupa tindakan guru maupun siswa. Konteks eksistensial pada tindak tutur bertanya meliputi bel pulang sekolah berbunyi dan pada pagi hari jam pembelajaran pertama. Fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas (1) menggali informasi (2) memfokuskan siswa (3) membangkitkan motivasi siswa (4) menguji pemahaman siswa, sedangkan fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh siswa terdiri atas (1) membangun pemahaman siswa dan (2) memperoleh perhatian guru. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; (1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusi dalam matakuliah pragmatik dan microteaching; (2) guru bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini agar lebih mantap menggunakan tindak tutur bertanya bagi praktik pembelajaran yang dikelolanya; dan (3) peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih meluas dan mendalam pada aspek-aspek penelitian tindak tutur bertanya, misalnya berbagai respon dari tindak tutur bertanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79431
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository