TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tindak tutur bertanya dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember adalah
langsung literal. Konteks pada tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran
bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas konteks kotekstual,
konteks psikologi, konteks situasi, konteks aksional, dan konteks eksistensial.
Konteks kotekstual terdapat dalam tindak tutur bertanya yang dipicu oleh tindak tutur
sebelumnya. Konteks psikologis pada tindak tutur bertanya meliputi perasaan
binggung, perasaan senang, kecewa atau tidak puas. Konteks situasi pada tindak tutur
bertanya meliputi siswa kurang memperhatikan gurunya ketika mengajar di kelas dan
situasi ramai di kelas. Konteks aksional pada tindak tutur bertanya berupa tindakan
guru maupun siswa. Konteks eksistensial pada tindak tutur bertanya meliputi bel
pulang sekolah berbunyi dan pada pagi hari jam pembelajaran pertama. Fungsi tindak
tutur bertanya yang dituturkan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia
di kelas VII SMP Negeri 3 Jember terdiri atas (1) menggali informasi (2)
memfokuskan siswa (3) membangkitkan motivasi siswa (4) menguji pemahaman
siswa, sedangkan fungsi tindak tutur bertanya yang dituturkan oleh siswa terdiri atas
(1) membangun pemahaman siswa dan (2) memperoleh perhatian guru.
Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut,
terdapat beberapa saran yang perlu disampaikan kepada beberapa pihak yaitu; (1)
mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan
membaca hasil penelitian ini untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat
diangkat sebagai bahan diskusi dalam matakuliah pragmatik dan microteaching; (2)
guru bahasa Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini agar lebih mantap
menggunakan tindak tutur bertanya bagi praktik pembelajaran yang dikelolanya; dan
(3) peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan
bahasan yang lebih meluas dan mendalam pada aspek-aspek penelitian tindak tutur
bertanya, misalnya berbagai respon dari tindak tutur bertanya.