dc.description.abstract | Hasil analisis perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Tingkat kevalidan
berdasarkan hasil uji validasi perangkat menunjukkan persentase validasi RPP,
LKS, dan exemplar problem secara berurutan adalah 0,90, 0,90, dan 0,90. Tingkat
kepraktisan perangkat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran, secara berurutan menunjukkan nilai 3,32; 3,41; 3,73; dan 3,73,
Tingkat keefektifan perangkat berdasarkan analisis aktivitas siswa menunjukkan
lebih dari 80% siswa memberikan respon positif, sebanyak 88,9% siswa
mengalami peningkatan level kemampuan pemecahan masalah, serta lebih dari
80% siswa memenuhi kriteria reliabel. Dengan demikian perangkat pembelajaran
yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis, dan efektif.
Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat
dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, perangkat
pembelajaran matematika model mathematics problem solving pedoman
modelling konten quantity untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
siswa SMP dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran di kelas, dan melatih
siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah. (2) Bagi peneliti lain yang ingin
melakukan penelitian sejenis dapat mengambil konten berbeda atau dengan
jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan dalam pemilihan permasalahan
sebaiknya berkaitan dengan kehidupan siswa. | en_US |