• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL MATHEMATICS PROBLEM SOLVING PERFORMANCE MODELLING PADA KONTEN QUANTITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Brigita Febrianti Anggarsari - 110210101090_.pdf (3.789Mb)
    Date
    2017-03-06
    Author
    ANGGARSARI, Brigita Febrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat. Tingkat kevalidan berdasarkan hasil uji validasi perangkat menunjukkan persentase validasi RPP, LKS, dan exemplar problem secara berurutan adalah 0,90, 0,90, dan 0,90. Tingkat kepraktisan perangkat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, secara berurutan menunjukkan nilai 3,32; 3,41; 3,73; dan 3,73, Tingkat keefektifan perangkat berdasarkan analisis aktivitas siswa menunjukkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif, sebanyak 88,9% siswa mengalami peningkatan level kemampuan pemecahan masalah, serta lebih dari 80% siswa memenuhi kriteria reliabel. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori valid, praktis, dan efektif. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. (1) Bagi guru, perangkat pembelajaran matematika model mathematics problem solving pedoman modelling konten quantity untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran di kelas, dan melatih siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah. (2) Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis dapat mengambil konten berbeda atau dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan dalam pemilihan permasalahan sebaiknya berkaitan dengan kehidupan siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79421
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository