ANALISIS BIAYA MODAL DALAM PENGARUHNYA TERHADAP RENTABILITAS PADA PERUSAHAAN KALBE FARMA Tbk.
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Biaya Modal Dalam Hubungannya Dalam
Rentabilitas Pada Perusahaan Klabe Farma Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan variable-variabel biaya modal yang terdiri dari Biaya
hutang biaya modal saham baisa dan WACC untuk menimbang biaya modal
dalam perusahaan. Serta untuk mengetahui variable Biaya modal yang paling
memberikan pengaruh hubungan terhadap rentabilitas baik secara simultan
maupun parsial pada PT. Kalbe Farma Tbk..
Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variable
biaya modal secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan,
ditunjukkan dengan Fhitung 21,117, pada tingkat signifikasi 0,047 terhadap
rentabilitas modal sendiri menunjukan hubungan biaya hutang terhadap
rentabilitas modal sendiri. Biaya modal saham biasa tidak signifikasi yaitu 0,172,
tidak mempunyai pengaruh yang signifikasi terhadap rentabilitas modal sendiri.
Dan variabel WACC 0,672 juga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap rentabilitas modal sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa variable-variabel
biaya modal yang terdiri dari biaya modal hutang, biaya modal saham biasa dan
WACC dengan rentabilitas hanya biaya hutang yang mempunyai hubungan yang
signifikan terhadap retabilitas. Pada uji normalitas menunjukkan bahwa masingmasing
variable-variabel
biaya
modal
berdistri
normal
terhadap
rentabilitas
modal
sendiri.
Sedangkan pada uji multikolinieritas biaya modal semua variabel juga
tidak terjadi multikoliniritas. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa biaya
modal dalam perusahaan sering menggunakan biaya hutang dari pada biaya modal
saham biasa dan WACC.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN, BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN PADA UD. JAYA ABADI MOTOR
lrawati, S. Faizah (2015-12-04)Penelitian dengan judul "Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada UD Jaya Abadi Motor Jember dilakukan ... -
ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN, BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD. JAYA ABADI MOTOR JEMBER
Irawati, S. FaizahPenelitian dengan judul "Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjulan Pada UD Jaya Abadi Motor Jember dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya ... -
Analisis Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Personal Selling Dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Jaya Abadi Motor Jember
Irawati, S.Faizah (Fakultas Ekonomi Universitas Jember, 2004-03)Penelitian Ini Menjelaskan Tentang Masalah Yang Dihadapi Oleh Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Otomotif Khususnya Penjualan Sepeda Motor Adalah Tingkat Penjualan Yang Masih Berfluktuasi , Walaupun Perusahaan Telah Cukup ...