MOTIVASI KERJA PERANGKAT DESA: PENDEKATAN UNTUK GOOD GOVERNANCE
Abstract
Perangkat desa merupakan pejabat pelayanan publik, mereka
dituntut untuk menjalankan tugasnya melayani masyarakat. Perangkat desa
dalam hubungan sosial di desa dituakan, ditokohkan dan dipercaya oleh
warga masyarakat desa untuk mengelola kehidupan publik maupun privat
warga desa. Melihat betapa pentingnya peran dan tanggung jawab perangkat
desa, perangkat desa dituntut untuk memiliki kemampuan, keahlian,
tanggung jawab, dan jiwa rela berkorban dalam memberikan pelayanan
sosial kepada masyarakat di atas kepentingan pribadi.
Berkaitan dengan motivasi bekerja perangkat desa yang termasuk
unsur pelayanan publik. Motivasi yang harus dimiliki adalah sikap rasional,
berlandaskan nilai, norma dan motivasi efektif. Motivasi ini menjadi modal
utama penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif dan efisien, yang
mempengaruhi sistem kerja birokratis sehingga mempunyai tingkat kinerja
yang tinggi.
Pendekatan motivasi sangat diperlukan untuk menciptakan good
governance di lingkungan birokrasi pemerintah desa. Hal ini digunakan
sebagai instrumen yang baik untuk mendorong perangkat desa dalam
pelaksanaan kerja menuju tata pemerintahan yang baik. Kekhasan motivasi
sebagai pendekatan yang berciri good governance hendaknya
memperhitungkan aspek fisik, psikologis dan sosiologis secara seimbang
dalam pemberian motivasi perangkat desa.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]