dc.description.abstract | Media sosial yang telah menjadi media komunikasi terkini sangat
mempengaruhi kehidupan manusia terutama perempuan. Dari hasil survei
dapat diketahui bahwa pengguna media sosial yang paling dominan adalah
kaum perempuan. Hal ini disebabkan kaum perempuan sebagai mahluk
yang gemar bersosialisasi, salah satunya dengan berbagi informasi untuk
berkomunikasi melalui media sosial. Facebook menjadi media sosial yang
paling disukai pengguna dalam aktivitas sosialnya. Ada beberapa alasan
mengapa facebook banyak digunakan saat ini. Alasan pertama yang paling
mendasari penggunaan facebook tersebut adalah untuk menjalin hubungan
dengan keluarga ataupun teman baik yang baru ataupun yang sudah lama.
Alasan lainnya adalah untuk dapat berhubungan dengan teman yang sudah
lama hilang kontak, berhubungan dengan orang-orang yang mempunyai
hobbi yang sama, menjalin hubungan dengan teman baru, membaca
komentar dan yang terakhir alasannya adalah untuk mencari hubungan
romantis atau pasangan hidup. Hal ini tentu saja disebabkan dari
karakteristik media sosial tersebut yaitu partisipasi, keterbukaan,
percakapan, komunitas dan keterhubungan memberikan peluang kepada
perempuan untuk dapat menyalurkan aspirasi, perasaan maupun idenya
kepada teman-temannya, kolega maupun saudaranya. Perempuan lebih
menyukai untuk memiliki profil pribadi di facebook. Sehubungan dengan
identitas diri, ternyata perempuan yang menggunakan media sosial dalam
meningkatkan keberaniannya menampilkan identitas diri. Hal ini terlihat
dari masih ditemukannya perempuan yang nyaman dengan
mengidentifikasikan dirinya terkait identitas terberi. Walau tak dipungkiri,
memang telah ditemukan pula perempuan yang berani menunjukkan prestasi
dan kompetensinya sebagai pembentuk utama identitasnya. Secara
Keseluruhan menunjukkan bahwa tampilan identitas perempuan dalam
media sosial (dalam hal ini facebook) begitu kompleks. Keberadaan media
sosial ini juga menuntut kaum perempuan untuk dapat lebih bijak dalam
penggunaannya agar mendapatkan manfaat yang maksimal. | en_US |