Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorPutri, Bella Ayunita
dc.date.accessioned2017-01-24T01:33:48Z
dc.date.available2017-01-24T01:33:48Z
dc.date.issued2017-01-24
dc.identifier.nim120210204011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79111
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Grenden 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.. Jenis penelitian yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak dua kali pertemuan. Pelaksanaan Penerapan Scientific Approach dalam pembelajaran Matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember berjalan lancar sesuai rencana. Proses penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V di SDN 1 Grenden Jember dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu dengan siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan alokasi waktu 2x35 menit. Materi yang dibahas adalah kubus, balok, prisma segitiga, prisma segilima, kerucut, limas, tabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 58,26% yang termasuk kategori kurang baik, meningkat pada siklus I menjadi 68,96% dengan kategori baik. Siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17% dengan kategori sangat baik. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru pembelajaran dengan Scientific Approach dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk pihak sekolah Scientific Approach dapat dijadikan salah satu referensi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru disekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPeningkatan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Bangun Ruangen_US
dc.subjectScientific Approachen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN GRENDEN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record