PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS V SDN GRENDEN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grenden 01 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa
laki-laki dan 8 siswa perempuan.. Jenis penelitian yang digunakan adalah Peneltian
Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus, siklus pertama sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak dua
kali pertemuan.
Pelaksanaan Penerapan Scientific Approach dalam pembelajaran Matematika
materi jaring-jaring bangun ruang pada siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember
berjalan lancar sesuai rencana. Proses penerapan pendekatan saintifik (scientific
approach) dalam pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang pada
siswa kelas V di SDN 1 Grenden Jember dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu
dengan siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan alokasi
waktu 2x35 menit. Materi yang dibahas adalah kubus, balok, prisma segitiga, prisma
segilima, kerucut, limas, tabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa secara
klasikal pada prasiklus sebesar 58,26% yang termasuk kategori kurang baik,
meningkat pada siklus I menjadi 68,96% dengan kategori baik. Siklus II juga
mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17%
dengan kategori sangat baik.
Saran dari penelitian ini adalah untuk guru pembelajaran dengan Scientific
Approach dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran
matematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk pihak
sekolah Scientific Approach dapat dijadikan salah satu referensi sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran guru disekolah.