Show simple item record

dc.contributor.advisorSlamin
dc.contributor.advisorWindi Eka Yulia Retnani
dc.contributor.authorPranata, Surya Adi
dc.date.accessioned2017-01-23T01:38:35Z
dc.date.available2017-01-23T01:38:35Z
dc.date.issued2017-01-23
dc.identifier.nim102410101071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79044
dc.description.abstractSebagai pihak penyedia dan pelayanan dalam bidang jasa perkreditan kendaraan bermotor bagi masyarakat umum, PT.WOM FINACE dituntut untuk teliti dan cermat dalam proses analisa pengajuan kredit untuk menghindari resiko kredit, calon debitur juga bertambah banyak sehingga diperlukan proses seleksi untuk calon debitur yang layak. Proses seleksi dilakukan satu persatu kepada calon debitur dengan pengisian data awal sebelum disurvei oleh pihak surveyor lapangan. Untuk efisiensi waktu dan tenaga maka calon debitur dipilah berdasarkan prioritas kelayakan yang ditetapkan oleh perusahaan. Calon debitur di ranking berdasarkan yang paling layak sampai yang tidak memenuhi syarat. Calon debitur yang paling layak memiliki hak untuk disurvey terlebih dahulu. Dalam hal ini pihak perusahaan WOM FINANCE memiliki parameter khusus yang harus dipenuhi oleh setiap calon debitur. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat merangking calon debitur. Sistem informasi tersebut adalah sistem informasi pendukung pengambilan keputusan pemberian pelayanan kredit dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). TOPSIS didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan konsep prosedural. Hasil dari penelitian secara keseluruhan yaitu sistem sistem informasi pendukung pengambilan keputusan pemberian pelayanan kredit dengan menggunakan metode TOPSIS dapat melakukan perangkingan calon debitur sehingga dapat memaksimalkan kinerja operasional perusahaan dan meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Dengan meningkatnya kualitas pelayanan yang lebih cepat tentunya akan menambah kepuasan dan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan keuntungan yang didapat oleh perusahaanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectpengambilan keputusanen_US
dc.subjectPelayanan krediten_US
dc.subjectMetode Topsisen_US
dc.titleSISTEM INFORMASI PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN PELAYANAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: PT.WOM FINANCE CABANG JEMBER)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record